foto:dok rama

ONENEWS, Purwokerto – Sebagai salah satu tahap untuk mewujudkan kampus yang berwawasan lingkungan, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sekarang telah membangun taman agro wisata yang diberi nama Taman “Soesilo Sudarman”.

Peresmian taman itu dilakukan oleh Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS, dan dihadiri oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra, Letkol Inf. Sapto Broto Kasiter Korem 071 Wijayakusuma yang mewakili Danrem 071 Wijayakusuma, Kapolsek Purwokerto Utara, Kompol Sudarsono dan seluruh unsur pimpinan Unsoed serta civitas akademika Unsoed, Kamis (23/1/2020).

Sesuai meresmikan taman agro wisata Soesilo Sudarman, Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS kepada awak media menjelaskan, dengan diresmikannya taman agro wisata itu, kampus Unsoed nantinya akan menjadi nyaman, indah dan aman bagi baik proses pembelajaran maupun kegiatan mahasiswa itu sendiri.

Tidak hanya untuk aktivitas mahasiswa, kata Rektor, masyarakatpun bisa menikmati taman tersebut sebagai tempat wisata dan rekreasi.

“Ini baru tahap pertama dan selanjutnya pemerintah kabupaten Banyumas akan membuat trotoar di depan ini. sehingga nanti trotoar yang dibangun kabupaten Banyumas untuk jalan Suparno nanti sinkron dengan sini. Sementara ini dulu, nanti akan ada taman buah, sport center disebelah sana, kemudian nanti ada tempat-tempat yang bebas polusi kendaraan bermotor, nanti kita wujudkan kesitu,” terang Profesor Dr. Suwarto, MS.

Terkait sumbangan Tank dari TNI yang berada di depan pintu gerbang taman itu, Profesor Dr. Suwarto, MS mengungkapkan, sumbangan tersebut merupakan wujud kerjasama yang harmonis antara TNI dengan Unsoed.

“Ini kita berterima kasih kepada TNI karena memberikan sumbangan ini. kalau kita lihat sejarah ke belakang Unsoed kan didirikan oleh masyarakat Unsoed dan dimotori oleh para tokoh-tokoh sesepuh TNI yang ada disini,” kata Rektor Unsoed.

Sementara itu ditempat yang sama, Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra menyampaikan terima kasih kepada Rektor dengan telah dimanfaatkannya sumbangan Tank sebagai simbol taman agro wisata tersebut sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat Banyumas.

“Kemudian juga dengan adanya taman ini memotivasi generasi muda terutama, mahasiswa dan masyarakat bahwa ada nilai-nilai kepahlawanan / kejuangan di Banyumas ini. kemudian juga sinergitas kita antara TNI dengan Unsoed sudah terjalin dari dulu,” kata Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra.

Letkol Inf. Chandra berharap sebagai ikon Banyumas dan ikon Jawa Tengah, ke depannya Unsoed akan terus lebih jaya dan maju lagi. (*)

Berikan Tanggapanmu