POS UNIK : Polres Kukar melalui Satlantas membangun Pos Pelayanan unik yang dikemas mirip seperti markas Star Wars. (ist)

Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019 Polres Kukar

ONENEWS, KUKAR – Ada yang unik dalam Operasi Lilin Mahakam 2019 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Biasanya pos pelayanan dikemas layaknya pos biasa. Tapi kali ini, Satlantas Polres Kukar membangun sebuah pos mirip markas Star Wars.

Tak hanya berupa markas. Pos pelayanan yang dibangun di KM 54 Kecamatan Samboja ini juga berisikan teknologi canggih. Bisa dikatakan, pos ini di setting sama dengan film Star Wars : The Rise of Skywalker yang lagi tayang di bioskop.

“Kami ingin dekat dengan masyarakat dan pelayanan harus menarik. Apalagi sekarang film ini sedang update di bioskop,” kata Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho, didampingi Kasat Lantas AKP Wisnu Dian Ristanto kepada OneNews, Rabu (25/12/2019) pagi.

Tak hanya sebagai Rest Area. Pos ini juga terdapat Inovation Education Area, Command Center, Meeting Area, dan Medic Area. Selain itu, terdapat tiga teknologi dan inovasi, seperti Augmented Reality (AR) melalui Aplikasi Intraction Kukar, Virtual Reality (VR) dan Interaktif Touchwall.Untuk diketahui, teknologi AR seperti membawa sesuatu yang maya ke dunia nyata. AR sama halnya dengan game Pokemon Go. Tapi pada AR di pos ini, menampilkan game terkait pendidikan lalu lintas. Hebatnya lagi, teknologi ini baru pertama kali digunakan di Kalimantan, oleh Polres Kukar.

Kemudian teknologi VR malah sebaliknya. Dari dunia nyata ke maya. Dalam VR juga menampilkan edukasi berlalu lintas yang baik dan benar.

Terakhir, Interaktif Touchwall. Teknologi ini sama dengan proyektor. Tapi terdapat tambahan sensor yang bisa menjadikan tembok maupun papan triplek menjadi layar sentuh (touchscreen). Di seluruh Indonesia, teknologi ini pertama kalinya digunakan kepolisian.

“Kalau capek dan mengantuk dalam perjalanan, silahkan mampir ke Pos Pelayanan kami di Samboja. Selain beristirahat, masyarakat juga bisa menikmati teknologi yang tersedia,” tutur Wisnu. (nxl)

Berikan Tanggapanmu