Pramuka SMK Bunda Satria Belajar Menulis Berita

ONENEWS, Banyumas – 54 anggota Pramuka Ambalan Pangeran Diponegoro Raden Ajeng Kartini pangkalan SMK Bunda Satria Wangon Kabupaten Banyumas mengikuti pelatihan Jurnalistik, Jum’at (20/12) di Aula SD Negeri 1 Karanglewas Kecamatan Jatilawang.
Pelatihan Jurnalistik merupakan salah satu materi dalam rangkaian kemah bakti dan pelantikan bantara.

Pradana Raden Ajeng Kartini SMK Bunda Dari Fani Triana mengatakan pelatihan jurnalistik menghadirkan narasumber dari Humas Kwarcab Banyumas Parsito. Menurutnya pelatihan menulis bertujuan untuk mengenal ilmu jurnalistik agar mereka dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan.

“Era sekarang kemampuan menulis sangat diperlukan agar semua kegiatan dapat dipublikasi ke masyarakat,” katanya

Meski hanya diberi waktu 90 menit, Parsito menyampaikan materi dengan cara mengajak peserta langsung mempraktikkan unsur berita yang memenuhi kebutuhan data 5W plus 1H seperti yang dipersyaratkan untuk menjadi sebuah berita. Semua peserta langsung diminta membuat berita pendek minimal tiga paragraf dengan tulis tangan di kertas.

“Dalam berita online itu, 3 paragraf terlalu sedikit dan lebih dari 5 paragraf itu terlalu banyak,” katanya

Pada kesempatan ini peserta terlihat antusias. Menurutnya Parsito secara umum, kemampuan menulis para peserta sudah cukup baik.

“Mesti waktu yang diberikan sangat singkat namun adik-adik mampu menyelesaikannya menjadi sebuah berita pendek. Saya berharap agar terus berlatih menulis tentang kegiatan di sekolah, lalu tulisannya ditempel di mading sekolah maupun medis sosial yang dimiliki untuk mempublikasikan tulisannya, atau bisa dikirim ke saya, untuk dibantu meneruskan ke media,” tambahnya.(*)

Berikan Tanggapanmu