Banyumas – Para wasit dari pengurus kabupaten persatuan bola voli seluruh Indonesia (Pengkab PBVSI) Kabupaten Banyumas sepakat mendukung suksesnya gelaran Proliga Voli 2020 di kota Purwokerto yang dijadwalkan berlangsung dari 28 Januari hingga 3 Pebruari 2020.

Dukungan itu menjadi salah satu topi bahasan dalam sarasehan rutin para wasit PBVSI Banyumas yang digelar di sebuah rumah makan kecamatan Wangon, Banyumas, Sabtu (28/12).

Seusai pertemuan tersebut, Kabid Perwasitan Pengkab PBVSI Banyumas, Sudirlam menjelaskan, ajang Proliga di Purwokerto akan menjadi sangat penting bagi para wasit untuk melihat secara langsung bagaimana memimpin sebuah pertandingan yang bertaraf nasional itu.

Disamping itu, para wasit kata Sudirlam, bisa belajar dan menimba pengalaman dari even tersebut.

“Dalam jangka waktu cepat, meskipun belum tentu dari tim kita dilibatkan dalam kegiatan Proliga, tapi kita sampaikan ini merupakan even terbesar yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia kaitannya kita mendukung dengan adanya Proliga dan mempersiapkan, apabila wasit dari Banyumas dibutuhkan untuk tugas di Proliga tersebut. Apalagi kita mempunya dua kandidat saat pelatihan / penataran tingkat nasional peringkat pertama itu mas Widi Nugraha dan mas Tegar,” kata Sudirlam.

Selain Proliga 2020, lanjut Sudirlam, dalam sarasehan itu juga dibahas kesiapan para wasit menghadapi even-even seperti Popda, Kejurda dan Kejurprov di tahun 2020.

“Selain itu juga membuat program-program ke depan apa yang menjadi evaluasi tahun 2019, kita Insya Allah tahun 2020 lebih baik lagi dibanding tahun 2019,” jelas Sudirlam.

Sudirlam menambahkan saat ini PBVSI Banyumas sudah memiliki kurang lebih 10 wasit yang berlisensi nasional, dan 24 wasit berlisensi daerah.

Dan direncanakan pada tahun 2020, pihaknya menargetkan empat wasit diikutkan dalam pelatihan tingkat nasional sertifikat C.

“Di tahun 2020, kita juga rencanakan akan mengadakan turnamen bola voli Wasit Cup dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi”, imbuhnya.

Berikan Tanggapanmu