TERUS KOMPAK : Masyarakat Aceh yang tinggal di Kota Balikpapan, Kaltim saat bersilaturahmi di Pantai Manggar. (ist)

ONENEWS, BALIKPAPAN – Hidup merantau dan jauh dari keluarga memang tak mudah. Bahkan sering kali ada rasa rindu akan kampung halaman. Namun bukan berarti, jarak menjadi penghalang untuk mewujudkan rasa rindu tersebut.

Seperti yang dilakukan Himpunan Masyarakat Aceh (HIMA) di Kota Balikpapan ini. Setiap bulannya selalu menjalin silaturahmi. Bukan hanya dirumah, melainkan diluar rumah juga.

“Berkumpul di rumah kita laksanakan sebulan sekali dan itu bergantian. Tapi setiap empat bulan sekali, kita berkumpul diluar rumah. Baik di pantai maupun di wahana wisata lainnya,” terang Koordinator Daerah (Korda) HIMA Balikpapan, Taufik kepada 1News, Minggu (15/12/2019) sore.

Saat ini terdapat 100 orang lebih warga Aceh yang tinggal di Balikpapan. Sementara Ketua Harian HIMA Balikpapan dipegang oleh Gunawan beserta Korda lainnya yakni Jumari Handoko. Biasanya lanjut Taufik, ketika bersilaturahmi, juga dilaksanakan kegiatan makan bersama dengan menu bumbu khas Aceh.

“Selain kami, menu tersebut kami bagi kepada masyarakat. Karena kami ingin masyarakat Kaltim mengenal masakan khas Aceh,” ucapnya.

Masyarakat Aceh yang tinggal di Balikpapan selama ini merasa tenang tinggal di Kaltim. Karena aku Taufik, masyarakat Kaltim itu terkenal ramah.

“Masyarakat Kaltim dimata orang Aceh adalah pahlawan,” terangnya.

Melalui silaturahmi ini, ia berharap masyarakat Aceh di Balikpapan akan selalu rukun dan kompak selama merantau. (nxl)

Berikan Tanggapanmu