Bupati Banyumas Pantau Persiapan Natal di Sejumlah Gereja

ONENEWS,Banyumas – Banyumas Achmad Husein bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Banyumas, memantau sejumlah posko pengamanan Natal dan tahun baru 2019/2020 di kota Purwokerto Selasa (24/12/2019). Menurut Bupati pemantauan dilakukan untuk memastikan keamanan persiapan Natal 2019 di Kabupaten Banyumas berlangsung aman dan lancar

Foto:parsito

Pemantauan dimulai dari Posko pengamanan angkutan Natal dan tahun baru Nataru 2019/2010 di Stasiun PT KAI Purwokerto. Kemudian menuju Pos Pam Gereja Santo Yosep, Gereja Juru Selamat, Gereja Jawa, GKI Gatot Subroto, Gereja Utusan Pante Kosta, GKI Martadireja, Gereja Santo Yosep, Gereja Bethel dan berakhir di Pos Pam Alun-alun Purwokerto. Turut dalam pantauan tersebut wakil bupati Sadewo Tri Lastiono dan Forkompimda, Ketua DPRD, Kapolresta, Dandim dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas.

Bupati Husein sangat mengapresiasi hiasan dan pohon Natal berukuran besar di Gereja Katolik Katedral Kristus Raja yang memanfaatkan ekobrik atau daur ulang Sampah plastik.

“Ada perayaan tapi menggunakan ekobrik, mengurangi sampah plastik. Mudah-mudahan yang lain bisa mengikuti seperti itu,” katanya.

Bupati juga menilai gotong royong dari seluruh organisasi kemasyarakatan seperti Banser, Pemuda Pancasila, Kokam, Pramuka dan sebagainya untuk ikut serta menjaga keamanan serta ketertiban di sekitar gereja saat perayaan Natal 2019.

Dia kabupaten Banyumas terdapat sekitar 70 Gereja. Delapan diantaranya merupakan gereja terbesar di wilayah Kota Purwokerto.

Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka mengatakan selama perayaan Natal 2019 delapan gereja di Purwokerto, menjadi prioritas dalam pengamannya selama 24 jam, oleh personil sebanyak 25 orang tiap gereja, ditambah dari TNI. Bahkan delapan gereja yang menjadi prioroitas pengamanan di lengkapi CCTV .

“Sterilisasi mulai Selasa pagi juga kami lakukan, dan sebelum pelaksanaan ibadah juga dilakukan pemeriksaan barang bawaan, terhadap masinga-masing jemaat” kata Kopolresta Banyumas di sela acara pemeriksaan pospam di Gereje Katedral.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Budhi Setiawan, mengapresiasi terhadap persiapan pengamanan perayaan Natal kerja sama yang luar biasa dari seluruh Forkompimda .

“Semoga ini akan selalu terjalin dengan baik, sehingga masyarakat Kabupaten Banyumas merasa aman dengan apa yang kita lakukan,” katanya.

Selain memantau persiapan Natal di sejumlah gereja, Bupati bersama rombongan singgah ke beberapa pos pengamanan seperti yang berada di stasiun dan Alun-alun Purwokerto untuk sekadar menyerahkan bantuan berupa makanan dan minuman ringan kepada petugas jaga.(*)

Berikan Tanggapanmu