FOTO : AKBP Anwar Haidar (doc)

MENJADI seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ibarat ‘cermin’ bagi bawahan, segala tindak tanduk pemimpin akan menentukan bagaimana bawahan bersikap. Oleh sebab itu, sebagai pemimpin, harus memberikan contoh yang baik kepada bawahan.

Oleh : Bayu Surya

HAL itulah yang dikenal dari sosok AKBP Anwar Haidar, Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2017-2019. Beliau dikenal bawahannya sebagai pemimpin yang memiliki kerendahan hati, terbuka untuk berdiskusi atau curhat, menerima kritik dan saran untuk kepentingan bersama. Ibarat kata, Anwar Haidar sudah seperti sahabat bagi seluruh personilnya.

Sejak bertugas di Polres Kukar pada 10 Desember 2017 lalu menggantikan AKBP Fadillah Zulkarnaen, berbagai terobosan dan ide cemerlang untuk mengharumkan nama Polri terus dilakukan selama kepemimpinannya. Namun itu semua tak luput dari kekompakannya dengan seluruh personil.Memang terkadang, Anwar terlihat serius saat bertugas. Itu dilakukannya agar seluruh personil bisa melaksanakan tugas dengan maksimal, tanpa ada kesalahan. Tapi ketika ada waktu senggang, Anwar tak segan-segan mengajak personil untuk mengobrol santai dan bercanda sambil ngopi bareng. Bukan sebagai pimpinan, tapi sebagai teman.

Tak hanya itu, Anwar juga sering kali mengajak para perwira, mulai dari Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria, para Kabag, Kasat, hingga personil untuk bersantai menggunakan sepeda kayuh maupun sepeda motor berkeliling sembari berpatroli bersama. Itupun dilakukannya saat hari libur. Karena menurutnya keamanan wilayah dan masyarakat itu lebih penting.

Singkat cerita, di masa kepemimpinan Anwar, berbagai kegiatan spektakuler pernah dilakukannya, salah satunya adalah Ekpedisi Merah Putih dalam rangka Hari Kemerdekaan RI. Pertama dilakukannya pada 2018 lalu, Anwar mengajak seluruh jajaran mendaki Gunung Sundoyo, Loa Kulu, untuk mengibarkan bendera di puncak setinggi lebih dari 800 meter.

Kemudian pada ekspedisi tahun 2019, Anwar bersama istri, Ny Laura Haidar kembali mengajak seluruh jajaran untuk melakukan perjalanan darat hingga sungai menuju Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis. Disana, seluruh personil dan bhayangkari berbagi ilmu atau pendidikan kepada siswa SD dan SMP.Tentu saja, apa yang dilakukan Anwar dan jajaran mendapat aspirasi dari Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) pada masa itu yakni Drs Irjen Pol Priyo Widyanto. Wajar saja, berkat sejumlah pengungkapan kasus, 7 program prioritas, hingga penanganan Karhutla serta sejumlah gagasan idenya, Polres Kukar menjadi polres terbaik di Kaltim.

Bukan hanya itu, Anwar juga sangat terbuka kepada teman-teman media yang bertugas di Kukar. Sering kali Anwar juga mengajak media untuk ngopi bareng sambil bercanda ringan. Itu dilakukannya agar media bersama Polri bisa menjaga kondusifitas di Kukar, melalui berita-berita yang disampaikan ke publik.

“Beliau (Anwar,Red) Kapolres yang baik. Ia tidak pernah membeda-bedakan media, semuanya dianggap sama. Mau media kecil maupun besar, semua dirangkulnya menjadi sahabatnya,” ungkap Wahidin Noor, wartawan senior di Kukar.

Kepada masyarakat-pun sama. Anwar senang menyapa dan mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat hingga tokoh pemuda untuk berbincang-bincang di Polres Kukar maupun saat bertemu diluar jam kerja.Bahkan setiap Jumat, melalui program ‘Jumat Berbagi’ Polda Kaltim, disela-sela kesibukannya, Anwar menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah rumah warga yang kurang mampu dan menyerahkan sejumlah bantuan. Hal itu juga dilakukan seluruh jajaran polsek, atas arahannya.

Hingga akhirnya, Senin (2/11/2019) kemarin, jabatan Kapolres Kukar yang sebelumnya ditempati Anwar Haidar telah digantikan oleh AKBP Andrias Susanto Nugroho.

“Bapak sudah seperti keluarga bagi kami dan bapak orangnya sangat baik kepada siapapun,” ungkap Tain, ajudan Anwar Haidar.

Bahkan ketika dirinya mau berbagi cerita atau curhat, Anwar tak pernah menolaknya. Meskipun saat itu Anwar baru pulang kerja atau sudah larut malam.

“Bapak mau mendengar keluh kesah kami. Itupun sampai kami benar-benar merasa sudah baikan, baru bapak istirahat,” tambah Tain. (*)

Berikan Tanggapanmu