DILAHAP API : Kapolsek Loa Kulu Iptu Aksaruddin Adam saat mengamankan meteran yang menjadi penyebab kebakaran. (Ist)

ONENEWS, KUKAR – Sebanyak lima rumah di Jalan Poros Lempatan Baru RT 02, Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ludes terbakar pada, Kamis (14/11/2019) pagi sekitar pukul 11.00 Wita. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, melalui Kapolsek Loa Kulu Iptu Aksaruddin Adam mengatakan, lima rumah yang terbakar adalah milik Astati (34), Nenek Iyah (85), Suwandi (43), Sakrani (48) dan Suyono (60).

“Dari keterangan sejumlah saksi, asal api dari rumah Nenek Iyah,” ucap Aksar, akrab disapa kepada harian ini.

Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh Aspul (60), anak dari Nenek Iyah. Ketika sedang memarkirkan sepeda motor di depan rumah ibunya, Aspul melihat ada kepulan asap dari ruang tengah rumah.

“Saat itu rumah tersebut dalam keadaan kosong, karena orang tuanya sedang jalan,” jelas Kapolsek.

Sontak, Aspul langsung berteriak meminta tolong. Sehingga sejumlah warga sekitar bergegas membantunya. Namun sayang, api dengan cepat merambat ke empat rumah lainnya.

“Kebakaran ini baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian atau sekitar pukul 12 siang,” tutur Aksar.

Dari hasil penyelidikan, diketahui penyebab kebakaran karena adanya konsleting listrik di rumah Nenek Iyah. Untuk barang bukti, Kapolsek beserta penyidik mengamankan meteran atau KWH yang hangus terbakar.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada. Cek semua pemakaian listrik. Yang tidak penting jangan digunakan, apalagi saat meninggalkan rumah,” tegas mantan Kanit Alligator Polres Kukar ini.

Untuk diketahui, pemadaman di Loa Kulu ini melibatkan sejumlah petugas dari PMK Loa Kulu, BPBD Kukar, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria), PMK Bakungan, Balakarcana Kartini Tenggarong, Relawan Lembuswana Loa Duri, Relawan Siaga Bencana Sengkotek, serta masyarakat dan perusahaan.

“Terima kasih atas bantuannya,” ungkap Aksar. (Bay)

Berikan Tanggapanmu