BENTUK DUKUNGAN : Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementrian ESDM Alimudin Baso, VP Field Operation PHM Benny Sidik, Site Manager CPU PHM Jaman, Indra Firmansyah Pipeline Maintenance Section Head PHSS meninjau rumah warga penerima manfaat Jargas di Kukar. (ist)

ONENEWS, BALIKPAPAN – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), selalu Operator Wilayah Kerja (WK) Mahakam dan di dukung oleh SKK Migas serta PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) selalu induk perusahaan terus mendukung program pemerintah. Salah satunya adalah memberikan subsidi gas bagi sektor rumah tangga.

Tercatat selama 2019, PHM telah menyambungkan atau mengalirkan gas melalui Jaringan Gas (Jargas) kepada 5.000 warga di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan pada 17 Oktober lalu, giliran warga di Kecamatan Muara Badak yang mendapat sambungan Jargas itu.

Untuk diketahui, PHM mengalirkan gas ke Jargas Muara Badak ini berdasarkan surat dari SKK Migas untuk mengalokasikan gas sebanyak 0,2 MMSCFD di Kukar. Hal ini juga sebagai pelaksanaan Kepmen ESDM Nomor 119 tahun 2019 tentang Penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dalam  Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi melalui Jargas untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2019.

“PHM sangat mendukung program pengembangan jargas untuk sektor rumah tangga di Kabupaten Kutai Kartanegara, sebagai wujud menjamin ketahanan energi nasional,” kata VP Field Operations PHM, Benny Sidik.

Ia berharap ke depan, akan semakin banyak jumlah rumah tangga yang dapat menikmati manfaat dari gas yang dialirkan oleh PHM.

“ Gas yang dialirkan ini berasal dari lapangan Tambora, Tunu, dan Sisi Nubi (TTH) melalui fasilitas TRF (Tunu Receiving Facility) yang berada di Muara Badak,” terang Benny.

Peresmian ini berlangsung di Aula PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) di  Muara Badak. Kegiatan ini dihadiri Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementrian ESDM Alimudin Baso, Dinas ESDM Kukar, perwakilan SKK Migas Kalsul, Manajemen PHM yang diwakili oleh Vice President Field Operations Benny Sidik, serta para wakil dari manajemen PHSS, Perusahaan Gas Negara, KSO Pratiwi dan PT Tata Guna Patra. (*Bay)

Berikan Tanggapanmu