PASAR MEMBARA : Ratusan kios dan puluhan rumah di Kecamatan Kombeng, Kutim terbakar, Sabtu (26/10/2019) malam tadi. (ist)

ONENEWS, KUTIM – Sabtu (26/10/2019) malam tadi sekitar pukul 21.10 Wita, kebakaran melanda Pasar SP4, tepatnya di Jalan Pahlawan, Desa Marga Mulia, Kecamatan Kombeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Akibat musibah itu, terdapat 100 kios atau lapak serta 30 rumah warga ludes terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditafsir mencapai ratusan miliar.

“ Itu masih perkiraan awal. Untuk jumlah lebih pastinya, kita masih melakukan pendataan bersama pihak pasar dan RT setempat,” kata Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, melalui Kapolsek Kombeng, Ipda Hari Supranoto kepada awak media.

Menurut keterangan sejumlah saksi, asal mula api berasal dari sebuah Konter Handphone Nindi Cell. Ketika itu saksi melihat adanya percikan api dari neon box dan langsung terbakar. Ketika api membesar, langsung menyambar ruko mainan milik Haji Ake.

“ Karena bangunan rata-rata terbuat dari kayu, api cepat membesar dan terus menjalar ke ruko atau lapak pedagang lainnya. Bahkan sejumlah rumah warga yang dekat dengan lokasi pasar, tak luput dari kebakaran itu,” jelas Hari, lagi.

Kebakaran ini, baru bisa dipadamkan pukul 23.00Wita setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari kecamatan dan perusahaan tiba. Mengenai 100 kios di pasar itu, ada yang berupa bangunan serta sekat-sekat.

“ Macam-macam kios yang terbakar. Ada toko handphone, pakaian, klontongan dan lain sebagainya,” urai Kapolsek.

Untuk diketahui, lokasi Pasar Marga Mulia berada di pinggir jalan poros. Jaraknya hanya 10 menit dari Polsek Wahau dan 5 menit dari Polsek Kombeng. Sehingga dalam pengamanan, Polsek Wahau juga ikut turun membantu.

“ Kita sudah memasang garis polisi di lokasi kebakaran. Untuk dugaan sementara diakibatkan konsleting listrik,” tuturnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu