BERIKAN TRAINING : Head Department of Media and Visibility Weanny Hikmat menyerahkan cinderamata kepada Wakil Direktur Pemberitaan Detik Network, Iin Yumiati usai memberikan materi kepada wartawan. (Photo : Bayu/1News)

ONENEWS, BALIKPAPAN – Sebanyak 35 wartawan dari sejumlah media di Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (2/10/2019) mengikuti Training Jurnalistik di Hotel Blue Sky, Kota Balikpapan. Kegiatan ini merupakan garapan dari PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) selaku operator di Wilayah Kerja (WK) Mahakam dengan dukungan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk perusahaan.

Dalam sambutannya, Head Division of Communication and External Relation PT PHM, Handri Ramdhani mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan. Kali ini kegiatan mengusung tema “ Bagaimana Mengelola Media Online “.

“ Saat ini makin banyak media online di Kaltim, bahkan ada yang dari media cetak beralih ke online. Kemudian yang tadinya baca koran, sekarang online. Tentu ini topik yang menarik,” kata Handri.

Ya, dalam training ini, puluhan wartawan tersebut mendapat pelatihan dari dua pemateri, yakni Wakil Direktur Pemberitaan Detik Network, Iin Yumiati, tentang Peningkatan Kapasitas Manajemen Media Siber. Kemudian Anshar Dwi Wibowo dari KataData, tentang Pengembangan Ide Kreatif dan Konten Atraktif di Media Online.

“ Saya berharap materi yang disampaikan dapat menambah wawasan baru bagi teman-teman media, sehingga dapat terus berkelanjutan dan menguntungkan,” ucap Handri.

“ Bukan hanya manajemen saja yang bagus, tapi ide kreatif sehingga iklan terus berdatangan,” tambahnya.

Rencananya, lanjut Handri, Kamis (3/10/2019) besok pagi, rekan-rekan wartawan akan melaksanakan press tour ke Dusun Muara Pegah, Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara untuk melihat sejumlah program maupun CSR yang telah dilakukan oleh PHM.

“ Saya harap program ini bisa berjalan lancar dan kerjasama kita semakin erat dan lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili SKK Migas Kalimantan – Sulawesi, Danang Agung mengutarakan kalau ide kegiatan ini merupakan gagasan dari awak media.

“ Ini menjadi jawabannya dan sudah dilaksanakan oleh PHM. Sehingga saya mewakili SKK Migas berterima kasih kepada PHM yang sukses melaksanakan kegiatan ini,” ungkap Danang.

Ia berharap, melalui kegiatan training ini dapat meningkatkan kapasitas media online di Kaltim.

“ Mudah-mudahan ke depan kegiatan ini bisa kita laksanakan lagi. Apalagi kegiatan hulu migas sangat membutuhkan support dari media, terutama dengan pemberitaan yang berimbang,” terangnya.

“ Sehingga tugas hulu migas dapat dipahami dan dimengerti oleh seluruh stakeholder,” tambah Danang.

Sekedar diketahui, kegiatan ini juga dihadiri Head Department of Media and Visibility Weanny Hikmat, Head Service of Communication and Media Ariono Hadipuro, Coordinator of Communication and Media Hatifah Safitri, dan Communication and Media Relation Officer Carolina Patricia serta karyawan PT PHM lainnya. (Bay)

Berikan Tanggapanmu