SAMPAIKAN MATERI : Kapolsek Loa Janan Iptu Nursan saat di Desa Batuah. (Ist)

ONENEWS, KUKAR – Kapolsek Loa Janan Iptu Nursan menegaskan, masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar, maka akan dikenakan sanksi hukum sesuai Undang-undang yang berlaku. Bahkan para pembakar hutan dan lahan bisa ditahan di dalam penjara. Hal itulah yang disampaikannya dalam Kegiatan Sosialisasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (24/9/2019) pagi.

“ Itu tercantum dalam Pasal 108 UURI Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup (PPLH), yang mana setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar,” kata Nursan di Gedung BPU Desa Batuah.

Untuk itu, Nursan berpesan agar semua pihak bisa bersama-sama menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana karhutla.

“ Semua peran serta muspika dan masyarakat sangat diperlukan. Mari kita jaga wilayah kita ini agar tetap aman, damai dan sejuk,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Loa Janan Muhaji, Kanit Reskrim Iptu Edy Harianto, Kasubsektor Tahura Ipda Suprafto, Koramil Loa Janan, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Relawan Damkar.

Dalam kesempatan itu, Camat Loa Janan Muhaji berharap sosialisasi ini dapat memberikan solusi penanganan karhutla. Dimana lebih baik membuka lahan itu tidak dilakukan dengan cara membakar lahan.

“ Mari kita cegah bersama untuk mengurangi kebakaran lahan dan hutan,” katanya.

Sementara itu, Darussalam dari Dinas Kehutanan mengatakan, wilayah Hutan Tahura Bukit Soeharto sampai saat ini menjadi kawasan hutan lindung dan asset negara. Sehingga ia berpesan kepada warga Desa Batuah, yang tinggal berbatasan agar bisa menjaga kelestarian hutan Tahura.

“ Jangan menggarap lahan apalagi menduduki (memiliki). Terlebih lagi jangan sampai membakar areal hutan lindung tersebut karena ada sanksi pidananya,” tegas Darussalam.

Kemudian, Isti Wahyu Widodo dari Dinas Perkebunan memaparkan, mekanisme yang baik untuk membuka lahan tanpa harus membakar ialah dengan cara memberi racun rumput. Kalau bisa dirintis dengan cara memotong kecil-kecil rumput, sehingga tanahnya menjadi subur.

“ Membakar lahan itu salah, bahkan menurut kajian ilmiah justru menbuat subur rumput, sehingga mengganggu tanaman yang ditanam,” bebernya. (Bay)

Berikan Tanggapanmu