AJAK MASYARAKAT : Kapolsek Loa Janan Iptu Nursan saat menjadi Khotib di Masjid Nurul Jannah, Desa Loa Janan Ulu, Jumat (6/9/2019) siang. (ist)

ONENEWS, KUKAR – Setiap hari jumat, pria beragama muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia wajib melaksanakan sholat jumaat berjamaah di tiap masjid. Dimana setiap pelaksanaannya, selalu di isi dengan tausiah atau ceramah agama dari seorang Khotib.

Nah, Jumat (6/9/2019) tadi, di Masjid Nurul Jannah, Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang menjadi Khotib adalah Kapolsek Loa Janan Iptu Nursan. Dalam tausiahnya, Kapolsek menyampaikan dakwah kamtibmas kepada 500 jamaah.

Tak hanya sebagai Khotib. Dalam sholat jumat, Nursan juga dipercaya menjadi imam, sementara Muadzin dilakukan oleh Bripka Susanto.

“ Alhamdulillah ini sudah jumat ke empat semenjak saya dipercaya Bapak Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar menjadi Kapolsek Loa Janan. Selama menjabat, saya akan terus bersilaturahmi dengan masyarakat agar kamtibmas di wilayah Loa Janan terus terjaga,” ucap Nursan kepada harian ini.

Dakwah kamtibmas yang disampaikan Nursan kepada para jamaah yakni tentang menghargai perbedaan dan pentingnya menjaga persatuan umat.

“ Ummat islam hendaklah bersatu dan terus memperkokoh persaudaraan dan keharmonian dalam menjaga kewibawaan serta kedudukan islam di daerah yang tercinta ini. Bahkan ummat islam harus senantiasa hidup rukun dalam bingkai Ukhuwa Islamiah (Persaudaraan Ummat islam) dan sebangsa setanah air,” ungkapnya dalam tausiah.

Untuk itu, tambahnya, kepada seluruh masyarakat Kukar, khususnya di Loa Janan, agar bersama-sama menjaga dan memperkokoh ajaran islam sebagai agenda utama dalam menentukan masa depan generasi kita di Negara Indonesia.

“ Saat ini kita sedang menghadapi agenda pemilihan kepala desa. Sehingga saya mengajak agar kita semua senantiasa menjaga keutuhan persatuan dalam keanekaragaman ini bersama. Jangan sampai terpecah belah karena perbedaan pilihan,” tegas Kapolsek.

Sholat jumat berlangsung lancar. Turut hadir pula Wakapolsek Iptu Widadi, Kapolsubsektor Tahura Ipda Suprafto, Kanit Sabhara Ipda Suranto, Kanit Binmas Ipda Agung Yudhi, serta sejumlah personil Polsek Loa Janan termasuk Bhabinkamtibmas Desa Loa Janan Ulu Bripka Suwarno. (bay)

Berikan Tanggapanmu