PHOTO : Wakil Ketua Sementara DPRD Kukar Ahmad Yani saat memimpin rapat paripurna ke-2 pembentukan fraksi. (ist)

OneNews, KUTAI KARTANEGARA – Sebanyak tujuh fraksi resmi dibentuk di DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam Rapat Paripurna ke-2, Senin (19/8/2019) kemarin di Ruang Paripurna DPRD Kukar dengan agenda Pembentukan Fraksi. Tujuh fraksi itu terdiri dari lima fraksi murni dan dua gabungan.

“ Ada tujuh fraksi yang sudah terbentuk dalam rapat paripurna tadi,” kata Wakil Ketua Sementara DPRD Kukar, Ahmad Yani usai memimpin rapat.

Lima fraksi murni terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PDI-P, PKB, dan PAN, sementara itu dua fraksi gabungan yakni PPP-PKS, dan Nasdem-Hanura-Perindo. Tujuh fraksi ini nantinya akan membahas empat produk daerah non-Raperda, diantaranya tata tertib, kode etik, tata beracara, dan program DPRD Kutai Kartanegara.

“Kita sudah distribusikan tujuh fraksi itu untuk bekerja membuat produk hukum daerah,” terang Yani.

Walau telah terbentuk, terang Yani, masing-masing fraksi belum memiliki ketua. Hal itu dikarenakan masih dalam proses pembahasan internal anggota fraksi. Tapi meski begitu, pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) tetap bisa dilakukan, dengan melibatkan perwakilan fraksi.

“Karena ini perlu sepengetahuan pimpinan pusat, sehingga strukturnya belum diumumkan. Hanya saja itu sudah dianggap sah dan bekerja mewakili fraksi. Karena internal, anggota fraksi menunjuk perwakilannya untuk menyusun produk hukum yang kita maksud,” tuturnya. (Adv/bay)

Berikan Tanggapanmu