JADI ARANG : Petugas pemadam kebakaran Kota Samarinda bersama relawan dan bakalarcana saat memadamkan api di Perumahan Cendrawasih Permai hingga pagi. (ist)

OneNews, SAMARINDA – Suasana di Jalan A Yani, Kota Samarinda, Kamis (8/8/2019) dini hari mendadak ramai. Sebanyak tujuh bangunan di Perumahan Cendrawasih Permai Gang Baru RT 17, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang mengalami kebakaran. Akibatnya, sebanyak 10 kepala keluarga (KK) dan 40 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Beruntung dalam musibah yang terjadi pukul 04.45 Wita ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai miliaran rupiah. Pasalnya, tujuh bangunan tersebut terdiri dari enam rumah tunggal dan satu bangsalan atau kontrakan empat pintu.

Koordinator Wilayah Samarinda Ilir dan Kota, Polly Rachman,SE mengatakan, pemadaman berlangsung selama 1 jam 25 menit. Sehingga kebakaran baru berhasil dijinakkan sekitar pukul 06.10 Wita.

“ Kami turunkan enam unit mobil damkar (pemadam kebakaran) saat melakukan pemadaman ini. Selain itu, kami juga dibantu oleh PMK Swasta, Relawan dan Balakarcana di Samarinda, termasuk TNI-Polri,” terang Polly kepada harian ini, Kamis pagi.

Tak ada kendala saat pemadaman. Namun ungkap Polly, pihaknya menyayangkan lambatnya informasi kebakaran ini disampaikan ke petugas damkar.

“ Sudah api besar baru kami terima laporannya. Ternyata banyak yang tidak tahu nomor telpon damkar,” bebernya.

Untuk itu, pesan Polly, apabila terjadi kebakaran segera melapor ke Unit Damkar yang tak jauh dari lokasi kebakaran, atau bisa menghubungi call center Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Jalan Mulawarman di nomor 0541-742492.

“ Kami mohon kerjasamanya. Jangan sampai sudah besar apinya baru dilaporkan ke kita. Mari kita jaga bersama lingkungan agar tidak terjadi musibah seperti ini lagi,” imbaunya.

Sementara itu, mengenai penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian. Dari informasi yang diperoleh, sebelum kebakaran sempat terjadi pemadaman listrik di lokasi kejadian sekitar pukul 23.00 Wita hingga pukul 01.00 Wita. (bay)

Berikan Tanggapanmu