DUKUNG PEMERINTAH : Ketua Bhayangkari Cabang Polres Kutai Kartanegara, Nyonya Laura Haidar saat memberikan edukasi kepada siswa-siswi di SDN 011 Muara Wis, tepatnya di Desa Muara Enggelam, Kamis (15/8/2019) kemarin. (Photo : Bayu/1News)

Lakukan Ekspedisi Merah Putih 2 ke Muara Enggelam

OneNews, KUTAI KARTANEGARA – Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tentu sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Dimana melalui momen bersejarah ini, mengingatkan kita semua masa kebebasan Indonesia lepas dari belenggu kolonialisme.

Oleh karena itu setiap tahunnya pemerintah selalu berupaya gencar melaksanakan pesta kemerdekaan dengan memperingati dan merefleksikannya. Sehingga pada 17 Agustus 2019 ini, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia telah mengumumkan tema untuk kemerdekaan yang ke 74yakni ‘SDM Unggul Indonesia Maju’.

Sekedar diketahui, SDM merupakan singkatan dari sumber daya manusia. Dengan tema tersebut menggambarkan visi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Untuk mewujudkan visi pemerintah tersebut, Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) langsung ikut andil. Buktinya pada Kamis (15/8/2019) kemarin, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar beserta Ketua Bhayangkari Cabang Kukar Nyonya Laura Haidar dan rombongan mengunjungi dua sekolah yang berada di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, yakni SD Negeri 011 dan SMP Negeri 3.Tiba di Muara Enggelam pukul 13.00 Wita, Kapolres langsung memimpin upacara di halaman sekolah berbahan kayu ulin. Pasalnya, Desa Muara Enggelam memang dikenal sebagai salah satu desa di Indonesia yang tidak mempunyai daratan. Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan edukasi kepada siswa-siswi di dalam kelas.

Edukasi tersebut dilakukan langsung oleh Nyonya Laura Haidar beserta pengurus Bhayangkari dan polisi wanita (Polwan) Polres Kukar. Yang mana para siswa-siswi kembali diingatkan tentang lagu-lagu kebangsaan Indonesia dan mengenalkan tokoh-tokoh nasional di Indonesia, termasuk Presiden Indonesia yakni Bapak Joko Widodo.

Tentu saja, kunjungan Kapolres ini merupakan kali pertama di Desa Muara Enggelam. Bahkan AKBP Anwar Haidar merupakan satu-satunya Kapolres yang berkunjung ke desa ini. Dengan kunjungan ini, Anwar berharap akan lahir pemimpin yang berhasil di Muara Enggelam.

“ Kami memilih desa ini karena sesuai dengan tema Hari Kemerdekaaan RI ke-74 yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” terang Anwar kepada awak media.Ia mengungkapkan, Desa Muara Enggelam memang daerah yang terpencil, terisolir dan terpencar. Untuk menuju desa ini, ia harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari Tenggarong, mulai dari jalan darat hingga jalan air menggunakan perahu ketinting.

Apalagi saat kunjungan ini, rombongan harus berjuang melintasi danau melintang dan semayang yang sedang surut dengan kedalaman hanya setengah meter. Sehingga sering kali baling-baling perahu terkena tanah di dasar danau.Namun kendala itu tak menyurutkan Kapolres dan rombongan berhenti di tengah jalan. Kapolres tetap semangat untuk bertemu dengan masyarakat di Muara Enggelam.

“ Mereka ini sangat perlu mendapatkan sentuhan, sehingga kami sangat mendukung program pemerintah ini,” ungkap Kapolres.

Tentu saja, aku Anwar, dirinya sangat bangga dan terharu setelah melihat anak-anak yang bersekolah di Muara Enggelam. Meski hanya menggunakan sandal, mereka masih semangat untuk belajar.

“ Tak hanya siswa-siswinya saja. Disana juga ada pahlawan tanpa tanda jasa yakni guru. Meski masih berstatus honorer, tapi mereka begitu semangat untuk mengajarkan anak-anak didiknya agar menjadi SDM yang unggul,” tuturnya.Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 011 Muara Wis Heri Cahyadi mengaku sangat bangga dengan kunjungan Kapolres dan rombongan. Apalagi Kapolres harus menempuh perjalanan yang sangat jauh hingga sampai ke sekolah yang berada di desa terpencil ini.

“ Ini sangat luar biasa, apalagi ini kali pertama bapak Kapolres datang ke sekolah kami. Bahkan beliau (Anwar,Red) satu-satunya yang pernah kesini,” kata Heri didampingi Abdul Fakeh, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Muara Wis.

Menurutnya, apa yang dilakukan Kapolres dan Ibu Bhayangkari sangat baik. Apalagi ia melihat, Ibu Bhayangkari sangat antusias sekali ketika berinteraksi dengan siswa-siswi di SD maupun SMP.

“ Ini merupakan nilai plus. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini,” ucapnya.

Heri juga berharap, Kapolres yang akan datang juga bisa mengunjungi Desa Muara Enggelam.

“ Itu yang kami harapkan, biar masyarakat kami disini lebih semangat lagi membangun desa,” tandasnya.Untuk diketahui, Ekspedisi Merah Putih ini merupakan yang kedua. Tahun lalu atau 2018, Polres Kukar juga melaksanakan Ekspedisi Merah Putih dengan mendaki dan mengibarkan bendara merah putih di Puncak Sundoyo, di Kelurahan Bukit Biru, Tenggarong.

Dalam ekpedisi kedua ini, Kapolres turut didampingi Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria, Kasat Reskrim AKP Andhika Dharma Sena, Kasat Intelkam Okky Ariano, Kasat Lantas AKP Wisnu Dian Ristanto, Kasat Polair Iptu Novandi Arya Kharisma, dan Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf beserta istri. (bay)

Berikan Tanggapanmu