HARUS BERKUALITAS : Senin (26/8/2019) siang, anggota DPRD Kukar Alif Turiadi (kiri) bersama Kades Manunggal Daya, Suyanto (tengah), memeriksa material berupa besi cor untuk pembangunan jalan pada 4 dusun yang berada dalam kawasan Kecamatan Sebulu. (Photo : Bayu/1News)

 

 

ONENEWS, KUKAR – Proyek pembangunan jalan dan jembatan di Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sepanjang 2,3 Kilometer dengan anggaran sebesar Rp 5,5 miliar ternyata menjadi sorotan DPRD Kukar.

Buktinya, Senin (26/8/2019) sore sekitar pukul 17.00Wita, anggota DPRD Kukar, Alif Turiadi meninjau proyek untuk fasilitas umum tersebut. Ia berharap, proyek ini bisa dibangun dengan kualitas yang baik.

“ Kami minta jalan dibangun sepanjang 2,3 Kilometer untuk 4 dusun di Desa Manunggal Daya ini, benar-benar berkualitas,” tegas Alif, yang baru lama ini kembali dilantik sebagai anggota dewan periode 2019-2024.

Sehingga lanjutnya, proyek tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang sangat lama.

“ Makanya, semua material proyek jalan harus lulus pemeriksaan serta uji kualitas dari lembaga auditor sertifikasi independen, seperti Sucofindo. Sebelum itu dilakukan, proyeknya jangan dulu dikerjakan,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Ketika meninjau, Alif didampingi Kepala Desa (Kades) Manunggal Daya, Suyanto serta tokoh masyarakat setempat. Ia memaparkan prosedur resmi mengenai pekerjaan sebuah proyek. Dimana sebelum digunakan, maka semua material vital harus melalui uji laboraturium atau pemeriksaan pihak auditor sertifikasi.

“ Uji sertifikasi material misalnya besi untuk rangka jalan beton ini, harus disaksikan semua pihak terkait. Seperti Dinas Pekerjaan Umum, kontraktor pelaksana sampai pihak pemerintah desa terkait,” urainya.

“ Dari situlah bisa diketahui kualitas semua material. Karena semua material itu kan ditimbun di tanah. Tidak mungkin dibongkar lagi untuk pemeriksaan, jika nanti sudah terpasang,” tambahnya, lagi.

Kemudian kata Alif, Dinas PU juga harus aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar. Bahkan ia berharap warga sekitar dapat diberdayakan untuk pekerjaan proyek jalan ini, agar masyarakat lebih merasakan banyak manfaat. Sehingga, selain memiliki jalanan baru dan berkualitas, juga mengalami peningkatan kesejahteraan dan nilai ekonomis.

Sementara itu, Kades Manunggal Daya, Suyanto mengatakan, beberapa hari lalu, pihak terkait sudah memasang plang mengenai proyek pembangunan jalan pada 4 lokasi atau di 4 dusun yakni Dusun Rapak Baru, Dusun Permai, Dusun Sidorejo serta Dusun Panggi.

“ Kami berharap material digunakan memang berkualitas, supaya jalanan dibangun nanti bertahan lama bahkan sampai 20 hingga 25 tahun. Jangan sampai hanya setahun, sudah rusak-rusak, kemudian kontraktornya hilang,” singgungnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu