CARI BUKTI : Kaur Inafis Polres Kukar Aiptu Dian Heri Wahyudi bersama dokter RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang saat melakukan visum pada tubuh MrX. (ist)

OneNews. KUTAI KARTANEGARA – Masyarakat di Kecamatan Loa Kulu, Senin (5/8/2019) pagi sekitar pukul 07.00 Wita digegerkan dengan penemuan sesosok mayat tanpa identitas alias MrX. Mayat berjenis kelamin pria itu ditemukan mengampung di pinggiran sungai Mahakam, tepatnya di Pal 9 RT 23, Desa Loa Kulu Kota.

Penemuan mayat itu pertama kali ditemukan oleh seorang motoris kapal feri penyeberangan bernama Toni. Awalnya motoris itu mengira mayat tersebut adalah bangkai hewan yang memang sering ditemukan dilokasi kejadian.

“ Sama saksi dikira bangkai anjing. Karena penasaran, setelah balik mengantar penumpang ke Desa Jongkang, saksi kembali menyenggol mayat tersebut dengan kapal yang dibawanya. Dari situlah saksi baru mengetahui kalau itu bukan bangkai hewan, tapi mayat manusia,” terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Loa Kulu Iptu Darwis Yusuf, melalui Kanit Reskrim Aiptu Makmur Jaya kepada OneNews.

Setelah itu, motoris tersebut langsung menghubungi petugas Polsek Loa Kulu untuk menyampaikan penemuan ini. Karuan saja, lokasi yang berada tak jauh dari pinggir jalan itu langsung dipadati masyarakat. Bahkan sebagian masyarakat ada yang mengaku mengenali MrX, hanya saja tidak mengetahui persis dimana keluarganya.

Untuk mencari bukti, Kanit Reskrim bersama personil langsung bergerak cepat mencari informasi kepada masyarakat di Desa Jongkang dan Desa Loa Kulu Kota.

“ Saat ini saya lagi di Desa Jongkang. Kami lagi cari info apakah ada yang mengenali mayat itu,” ucap Makmur.Sementara itu, jasad MrX baru dievakuasi sekitar pukul 08.30 Wita oleh petugas gabungan BPBD Kukar, Satpol PP, dan Polsek Loa Kulu. Evakuasi itu disaksikan langsung Kasat Reskrim AKP Damus Asa dan Kapolsek Loa Kulu.

Tiba di RSUD AM Parikesit, jasad tersebut langsung dilakukan pemeriksaan oleh Unit Inafis Polres Kukar.

“ Tadi kita sudah cek properti atau barang yang ada pada tubuh mayat ini. Pertama ada ditemukan cincin emas imitasi, kemudian STNK motor di dalam tas selempangnya, serta banyak tasbih di dalam kantong celananya dan yang digunakannya ditangan,” jelas Kaur Inafis Aiptu Dian Heri Wahyudi.

Sementara untuk fisiknya, ditemukan tattoo dilengan kanan dan terdapat gigi ompong dibagian atas dan bawah. Diperkirakan mayat ini sudah tenggelam selama tiga hari. Itu dilihat dari kondisi tubuhnya yang sudah membengkak dan membusuk.

“ Hanya sedikit saja sisa giginya. Mayat ini diperkirakan berusia 50 sampai 65 tahun dengan tinggi 164 cm. Kemudian ada jenggot sepanjang 17 cm dan berwarna putih. Sedangkan untuk pakaian yang dikenakannya ada kaos switer lengan panjang warna hitam dan celana gantung warna hitam dengan kantong di kiri kanannya,” urai Dian, lagi.

Mengenai apakah ada tanda-tanda kekerasan, ungkap Dian, tidak ada. MrX murni korban tenggelam.

“ Tidak ada bukti kekerasan di tubuh korban,” tegasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu