SALING BANTU : Petugas Damkar Kota Samarinda saat membantu pengurus membersihkan tempat ibadah Kelenteng atau Tempekong. (ist)

OneNews, SAMARINDA – Menjadi seorang petugas pemadam kebakaran (damkar) tentu memiliki tanggungjawab dan resiko besar saat bertugas. Mereka harus rela memberikan waktu yang dimilikinya bersama keluarga untuk menjaga lingkungan sekitar apabila terjadi kebakaran di pemukiman masyarakat dan hutan.

Ternyata, petugas damkar tak hanya bekerja disaat ada kebakaran saja. Mereka juga kerap membantu masyarakat membersihkan lingkungan, jalanan hingga membersihkan tempat-tempat ibadah.

Seperti yang dilakukan petugas damkar Pos 1 Mulawarman Kota Samarinda ini. Pada Sabtu (10/8/2019) pagi sekitar pukul 09.00 Wita, mereka membantu membersihkan tempat ibadah Kelenteng atau Tempekong, dekat Kantor Polsek KP3 Samarinda.

“ Ini kegiatan rutin kami setiap 6 bulan sekali, sesuai dengan permintaan pengurus Tempekong,” jelas Koordinator Wilayah Samarinda Ilir dan Kota, Polly Rachman,SE kepada harian ini.Ketika mendapat permintaan seperti ini, pihaknya tidak memungut biaya alias gratis. Hanya saja tambah Polly, biasanya pihak pengurus tempat ibadah akan mengganti biaya bahan bakar minyak (BBM) untuk biaya operasional kendaraan.

“ Kami hanya membantu tenaga dan armada saja dan itu ikhlas kami lakukan,” ungkapnya.

Untuk itu pesan Polly, kepada masyarakat yang ingin meminta bantuan damkar Samarinda agar menghubungi call center Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Jalan Mulawarman di nomor 0541-742492.

“ Tugas damkar bukan hanya memadamkan kebakaran, tetapi kami siap membantu di setiap rumah ibadah,” pungkasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu