KENA TANGKAP : Sofyan R, pemuda asal Kecamatan Kenohan saat diamankan di Jalan Etam, Tenggarong, Sabtu (24/8/2019) sore. (ist)

ONENEWS, KUKAR – Peredaran narkoba masih marak terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Buktinya, Sabtu (24/8/2019) sore kemarin sekitar pukul 15.00 Wita, Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Kukar berhasil mengamankan seorang pemain narkoba bernama Sofyan R (25) warga Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan.

“ Dari tangan pelaku, kami amankan satu poket sabu seberat 10,19 gram brutto,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskoba Iptu Romi kepada harian ini, Minggu (25/8/2019) siang.

Tertangkapnya Sofyan bermula adanya informasi dari masyarakat bahwa akan ada seseorang yang mengantarkan narkoba jenis sabu dari arah Samarinda menuju Kenohan. Mendapat informasi itu, Kasat memerintahkan Unit Opsnal untuk melakukan pengintaian di Jalan Etam, Kelurahan Jahab, Tenggarong.

“  Tepat pukul 3 sore, pelaku yang dimaksud melintas dengan menggunakan sepeda motor di Jalan Etam. Kemudian anggota yang melakukan pengintaian langsung bergerak dan menghentikannya,” ucap Romi.

Tak ada perlawanan saat diamankan. Sofyan pasrah saat seluruh pakaian serta sepeda motornya digeledah polisi. Sampai akhirnya, ditemukan 10 gram sabu itu di dalam kantong jaketnya yang dibungkus dengan tisu.

“ Ngakunya baru ambil di Samarinda. Kemudian mau diantar ke pembeli,” tutur Kasat, lagi.

Usai diamankan, Sofyan lalu digiring ke Mako Polres Kukar untuk menjalani pemeriksaan. Selain sabu, petugas juga mengamankan sepeda motor milik Sofyan.

“ Pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” tandasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu