KENA TANGKAP : Zainal, warga Jalan PM Noor, Perumahan Griya saat diamankan Unit Reskrim Polsekta Samarinda Kota karena mencuri mobil. (ist)

ONENEWS, SAMARINDA – Berangan-angan akan mendapat keuntungan besar, malah berakhir dipenjara. Itulah yang dialami Zainal warga Jalan PM Noor, Perumahan Griya, tepatnya di Jalan Poros Kebun Agung RT 08, Kelurahan Lempake, Kota Samarinda. Baru 7 jam mencuri mobil merek Suzuki Futura KT 8011 CP, kakek berusia 60 tahun ini berhasil diamankan Unit Reskrim Polsekta Samarinda Kota.

Pencurian ini terjadi, Selasa (27/8/2019) pagi sekitar pukul 11.00 Wita di Jalan Lambung Mangkurat, Gang Rivai, Kelurahan Pelita, Samarinda. Ketika itu Zainal berhasil mencuri mobil milik Fatkhul Mujib (27) warga Jalan Sukorejo, Samarinda.

“ Saat dicuri mobil korban sedang diparkir di Gang Rivai, sementara korban sedang ke pasar. Sekembalinya dari pasar, korban mendapati mobilnya sudah tidak ada,” terang Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto, didampingi Kapolsekta Samarinda Kota AKP Yuliansyah kepada harian ini, Rabu (28/8/2019) pagi.

Akibat pencurian itu, Fatkhul mengalami kerugian Rp 70 juta. Kemudian kasus ini dilaporkan langsung ke Polsekta Samarinda Kota.

“ Usai menerima laporan, saya langsung perintahkan Unit Reskrim untuk melakukan penyelidikan dilapangan guna mencari keberadaan mobil tersebut,” tutur Iyan, akrab disapa.

Ternyata berkat kerja keras dan kegigihan petugas, mobil tersebut berhasil ditemukan. Petugas mendapat informasi kalau mobil milik Fatkhul ada di Jalan Kesejahteraan, tepatnya di depan Gang Tri Darma.

“ Anggota langsung kesana dan melakukan pengintaian. Waktu itu mobil tersebut sudah di lepas ke empat ban-nya, bahkan kedua kaca spion telah diganti oleh pelaku,” kata Kapolsekta.

Tepat pukul 18.00 Wita, atau sekitar 7 jam setelah pencurian, Zainal berhasil diciduk. Kepada petugas, Zainal berencana membawa mobil tersebut ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“ Mau dijual disana sepertinya. Tapi lebih dulu kami amankan,” ucap Iyan.

Usai diamankan, Zainal dibawa ke Mako Polsekta Samarinda Kota. Kepada penyidik, Zainal mengaku mencuri mobil itu dengan cara membuka baut panel pintu menggunakan obeng. Kemudian memutus kabel dengan gunting dan menyalakannya.

“ Sementara pelaku baru ini, namun kita akan selidiki lebih dalam lagi apakah ada komplotannya. Untuk barang bukti, selain mobil, kami juga mengamankan satu obeng, gunting, serta kunci mobil dan dua buah spion,” urainya. (bay)

Berikan Tanggapanmu