HARUMKAN BANGSA : Tim MBS asal Kukar usai berlaga di final AJMBC 2019 di Malaysia dan berhasil meraih posisi runner up mewakili Indonesia. (ist)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Prestasi gemilang kembali diperoleh anak-anak bangsa Indonesia di tingkat Internasional. Kali ini prestasi membanggakan tersebut diberikan oleh Tim Marching Band School (MBS) asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketika mewakili Indonesia di ajang Asian Junior Marching Band Championship (AJMBC) 2019 di Stadium MBPJ, Kelana Jaya, Selangor, Malaysia, pada 25-27 Juli kemarin, MBS berhasil meraih Runner Up. Sementara untuk juara pertama diraih tuan rumah Malaysia.

Sekedar diketahui, Marching Band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Dalam ajang ini, Tim MBS harus bersaing ketat dengan perwakilan Malaysia, Taiwan, Thailand, Hongkong dan Srilangka.

“ Alhamdulillah kita bisa meraih runner up setelah kalah dari tuan rumah (Malaysia,Red). Apalagi lawan kita dari perwakilan Negara di Asia tersebut sangat hebat-hebat semua,” ungkap General Manager MBS, H Ahmad Zulfiansyah kepada harian ini, Minggu (28/7/2019) pagi.

Didampingi Band Director, Sony Yudianto, MBS memperlihatkan pertunjukkan yang sangat luar biasa dikala penyisihan dan babak final. Dimana MBS menyajikan aransemen dari lagu-lagu daerah asli Kutai selama 12 menit seperti Tulak Mancing, Buah Ara, Bahasa Kutai, dan Begubangan.

“ Kenapa membawakan lagu daerah? Itu karena kami ingin melestarikan kebudayaan sekaligus memperkenalkan kepada Negara luar, inilah lagu Kutai, asli Kalimantan Timur,” terang Zul, akrab disapa.

Tak hanya meraih runner up di ajang ini. MBS juga berhasil menyabet peringkat dua sebagai Marching Show serta peringkat tiga di Drum Battle, Colorguard Contest (permainan bendera,Red) dan Duet Colorguard. (bay)

Berikan Tanggapanmu