RESMIKAN TURNAMEN : Direktur Operasional PT Toba Bara Sejahtera, Teguh Alamsyah saat melepaskan tendangan pertama didampingi Kapolsek Sangasanga Iptu Muhammad Darwis dan Danramil ketiga membuka Turnamen ABN Cup 1 di Sangasanga, Sabtu (20/7/2019) sore. (Photo : Bayu/1News)

1News.id, Kutai Kartanegara – Olahraga sepakbola tentu sangat digemari seluruh masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya, saat ini pembinaan sepakbola di Negara Indonesia masih terlihat belum maksimal. Hal tersebut disampaikan Direktur Operasional PT Toba Bara Sejahtera (Toba Group), Teguh Alamsyah saat pembukaan Turnamen ABN Cup 1 di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (20/7/2019) sore kemarin.

“ Untuk itu, peran swasta sangat diperlukan untuk pembinaan atlet muda. Salah satunya dengan cara menyelenggarakan kegiatan semacam ini,” ucap Teguh.

Turnamen yang berlangsung di Lapangan Sepakbola SDN 002, Kelurahan Kampung Jawa ini, diikuti sebanyak enam tim dari sejumlah kelurahan, yakni dari Sangasanga Muara, Sarijaya, Sangasanga Dalam, Muara Kembang (Muara Jawa), serta tuan rumah Kelurahan Jawa. Mereka akan mengikuti turnamen dengan sistem setengah kompetisi atau 10 kali pertandingan yang dilaksanakan setiap hari sabtu.

“ Pesan saya, menang bukanlah tujuan utama, tapi bermainlah dengan senang hati, riang gembira dan sportifitas. Begitu pula untuk semua tim official, terutama wasit, kiranya dapat memimpin jalannya pertandingan dengan sebaik-baiknya,” kata Teguh yang mewakili manajemen PT Adhimitra Baratama Nusantara (ABN) ini.Ke depan pihaknya akan terus mensupport kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Sehingga harapnya, dengan terlaksananya turnamen ini bisa melahirkan bibit-bibit atlet muda di Sangasanga.

“ Kegiatan ini salah satu bentuk atau program kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar melalui bidang olahraga. Namun selain itu, kita juga memiliki program di bidang pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili Muspika, Kapolsek Sangasanga Iptu Muhammad Afnan mengucapkan terima kasih kepada PT ABN beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dimana selain ajang turnamen, moment ini menjadi wadah masyarakat untuk saling meningkatkan tali silaturahmi.

“ Untuk itu pesan saya. Semua pertandingan akan berlangsung selama 90 menit. Saat itu semua menjadi lawan, tapi setelah itu kita kembali menjadi saudara,” tutur Afnan dalam sambutannya.

Ia melihat, kebersamaan masyarakat di Sangasanga sangat luar biasa. Sehingga harapnya, semua tim beserta supporternya bisa menjaga keamanan ini bersama.

“ Kalau menang itu hal yang biasa, karena itu sudah hukum alam. Jadikanlah kekalahan sebagai pengalaman berharga, sedangkan bagi yang menang jangan berpuas diri. Itu bukan pretasi akhir, karena untuk mempertahankan gelarlah yang sangat berat,” terang Kapolsek.Selain itu, tambah Afnan, selama turnamen berlangsung, diminta kepada masyarakat dan supporter untuk menjaga keamanan bersama. Misalnya parkir kendaraan yang rapi, terutama di dalam gang.

“ Tapi yang terpenting, kunci kendaraan anda guna menghindari pencurian. Karena keamanan adalah milik kita semua, namun harta benda adalah tugas kita sendiri untuk menjaganya,” imbaunya.

Selain Teguh, saat pembukaan turnamen ini juga dihadiri General Manager PT ABN, Juvenry Situngkir, Manager External Relation (ER), Bambang Takariyanto dan CSR Superintendent, Antonius Novenanto beserta manager dan staf departemen anak perusahaan Toba Bara yakni Indomining dan TMU.

“ ABN Cup ini turnamen pertama di tahun 2019 dan berlangsung setiap hari sabtu selama 10 kali,” terang Ketua Panitia Pelaksana, Juan Wiguna.

Dimana para tim yang berlaga akan memperebutkan piala bergilir ABN Cup yang dibentuk mirip dengan piala “Liga Champion”. Selain itu, para pemenang dari peringkat 1 hingga 4 akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, termasuk Top Score dan Best Player.

“ Tak hanya itu, setiap pertandingan, PT ABN juga menyiapkan dana Rp 1 juta rupiah. Sehingga yang menang akan mendapatkan dana Rp 600 ribu, sedangkan yang kalah Rp 400 ribu. Dana tersebut merupakan dana operasional saat bertanding,” jelas Juan. (bay)

Berikan Tanggapanmu