1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Salehuddin, S.Sos,.S.Fil mengaku sangat senang Tim Marching Band School (MBS) asal Kukar bisa meraih posisi runner up mewakili Indonesia dalam ajang Asian Junior Marching Band Championship (AJMBC) 2019 di Selangor, Malaysia.

“ Kami (DPRD,Red) bangga mereka bisa harumkan nama bangsa Indonesia,” ungkap Salehuddin kepada harian ini, Minggu (28/7/2019) siang.

Apalagi setahu dia, MBS sendiri sudah berjuang cukup lama agar bisa capai ke tingkat Internasional ini. Mengingat peralatan dan persiapan sangat berbeda jauh dari peserta dari Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan dan Srilangka.

“ Setahu saya mereka sudah berlatih cukup lama sampai bisa menuju Malaysia. Bahkan saya juga pernah lihat, mereka berlatih malam-malam usai shalat tarawih ketika bulan Ramadan,” katanya.

Meski hanya bisa berada diposisi kedua, Salehuddin cukup puas dengan apa yang diberikan Tim MBS. Apalagi yang menjadi juara pertama adalah tuan rumah sendiri, yakni Malaysia.

“ Wajar saja mereka juara satu. Selain tuan rumah, peralatan dan persiapan mereka lebih matang,” cetus Salehuddin.

Namun ke depan, lanjutnya, pemerintah dalam hal ini di Pemkab Kukar, harus bisa mendorong serta mendukung penuh hal yang berpotensi seperti ini agar lebih ditingkatkan lagi.

“ Jangan hanya runner up saja, kalau bisa jadi yang pertama di tingkat Internasional, terutama di Asian. Karena untuk seniornya sudah ada yaitu PKT Bontang, dan juniornya harus Kukar,” harap Salehuddin.

Untuk diketahui, ajang ini digelar di Stadium MBPJ, Kelana Jaya, Selangor, Malaysia, pada 25-27 Juli kemarin. Yang mana Tim MBS yang terdiri dari para pelajar di Kukar ini didampingi langsung oleh General Manager, H Ahmad Zulfiansyah, yang juga anggota DPRD Kukar beserta Band Director, Sony Yudianto.

Ketika penyisihan dan babak final, Tim MBS menyajikan aransemen dari lagu-lagu daerah asli Kutai selama 12 menit seperti Tulak Mancing, Buah Ara, Bahasa Kutai, dan Begubangan.

“ Kenapa membawakan lagu daerah? Itu karena kami ingin melestarikan kebudayaan sekaligus memperkenalkan kepada Negara luar, inilah lagu Kutai, asli Kalimantan Timur,” terang Zulfiansyah.

Tak hanya meraih runner up di ajang ini. MBS juga berhasil menyabet peringkat dua sebagai Marching Show serta peringkat tiga di Drum Battle, Colorguard Contest (permainan bendera,Red) dan Duet Colorguard. (adv/bay)

Berikan Tanggapanmu