SPESIALIS SUBUH : Amang dan Hairil saat diamankan Tim Alligator Satreskrim Polres Kukar, Selasa (16/7/2019) malam lengkap dengan sepeda motor hasil curian. (ist)

1News.id, Kutai Kartanegara – Maraknya kasus pencurian sepeda motor (curanmor) yang terjadi belakangan ini membuat aparat kepolisian geram. Buktinya, Selasa (16/7/2019) malam sekitar pukul 18.30 Wita, Tim Alligator Satreskrim Polres Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil menangkap dua pelakunya.

Mereka bernama Ardiansyah alias Amang (54) warga Jalan Cendana RT 16 dan Hairil Anwar (38) warga Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Teluk Lerong Ilir, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

“ Keduanya kami tangkap di Samarinda malam tadi (Selasa,Red). Pertama kami amankan Hairil di Jalan Pangeran Antasari Gang Kenanga, kemudian Amang di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Sungai Kunjang,” jelas Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa kepada harian ini, Rabu (17/7/2019) pagi.

Dari tangan keduanya, Tim Alligator yang dipimpin Kanit Opsnal Iptu Aksaruddin berhasil mengamankan barang bukti satu unit mobil merek Daihatsu Xenia warna putih serta delapan unit sepeda motor hasil curian.

“ Mobil itu digunakan mereka untuk memuat sepeda motor yang dicuri. Biar dikunci stang atau dirantai, mereka langsung mengangkatnya dan memasukkannya ke dalam mobil. Itu semua mereka lakukan saat subuh, ketika para korban sedang sholat di Masjid,” urai Damus.

Pencurian ini, dilakukan Amang dan Hairil di sembilan lokasi berbeda di sejumlah kecamatan yang ada di Kukar, yakni di Tenggarong, Sebulu dan Tenggarong Seberang. Terungkapnya kasus ini, berkat adanya laporan terkait maraknya aksi curanmor setiap subuh. Kemudian, Kasat Reskrim memerintahkan Tim Alligator untuk melakukan pengintaian dilapangan.

“ Jadi ada salah satu korban sempat melihat mobil pelaku. Dari ciri-ciri kendaraan tersebut ditambah penyelidikan dilapangan, anggota berhasil menemukan kendaraan pelaku. Selanjutnya malam tadi, anggota membuntuti kendaraan tersebut sampai ke Samarinda, tepatnya dirumah pelaku dan langsung dilakukan penangkapan,” terang Damus. (Bay)

JENIS KENDARAAN YANG DICURI : 

– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Honda Vario 150 tahun 2019 Warna Merah
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Honda Vario 150 tahun 2015 warna Abu-Abu.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Yamah Vixion Warna Hitam.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Honda Vario tahun 2015 Warna Hitam.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Honda Vario tahun 2015 Warna Merah.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Honda Scoopy Warna Merah.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Yamaha Mio Warna Merah.
– 1 (satu) Unit Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150 Warna Hitam.

Sumber : Humas Polres Kukar (*)

Berikan Tanggapanmu