JARINGAN PROVINSI : Empat pelaku jaringan narkoba antar provinsi yang diamankan Satreskoba Polresta Samarinda di Jalan Cendana, Gang 5, Senin (1/7/2019) kemarin. (ist)

1News.id, SAMARINDA – Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Samarinda berhasil meringkus jaringan narkoba antar Provinsi. Mereka bernama Tonny Sulianto (28), Muhammad Adha alias Daha (30), Muhammad Dedi Fahrizal alias Dedi (27), semuanya warga Jalan Cendana Gang 5, serta Alimudin alias Tompel (26) warga Jalan Sambutan, Perumahan Arisko, Kota Samarinda.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto, didampingi Kasat Reskoba Kompol Markus, melalui Kasubag Humas Ipda Danovan menerangkan, empat pelaku ini diamankan, Senin (1/7/2019) kemarin sore di Jalan Cendana, Gang 5, Kelurahan Teluk Lerong, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda.

“ Pertama yang kita amankan Tonny dan Daha sekitar pukul 14.30 Wita. Dari tangan mereka, kami amankan 2 poket sabu seberat 0,69 gram. Kemudian kami amankan Dedi sekitar pukul 15.30 Wita dengan barang bukti 3 bungkus sabu ukuran besar seberat 87,57 gram. Terakhir sekitar pukul 16.00 Wita, di amankan Tompel dengan bukti 1 poket seberat 0,44 gram,” urai Danovan kepada harian ini, Selasa (2/7/2019) sore.

Sabu sebanyak 87,57 gram yang diamankan dari tangan Dedi ditemukan petugas di dalam lemari kamar yang berada dirumahnya di Jalan Cendana Gang 5. Dari pengakuan Dedi, sabu tersebut di datangkan dari Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

“ Keterangan pelaku sudah lima kali dipaketkan dari Pontianak ke Samarinda. Selanjutnya oleh Dedi di edarkan lewat teman-temannya tersebut,” tutur Kasubag.

Selain sabu seberat 88,7 gram, petugas juga mengamankan sejumlah bukti lain termasuk uang tunai hasil penjualan. Saat ini ke empat pelaku tersebut sudah diamankan di Mako Polresta Samarinda guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“ Para pelaku sudah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat Pasal 112 Jo Pasal 114 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” tutup Danovan. (bay)

Berikan Tanggapanmu