JALIN SILATURAHMI : Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Vendra Riviyanto beserta jajaran dan Dandim 0901 Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin berfoto bersama peserta Lomba Burung Tingkat Nasional di Halaman Mako Polresta Samarinda, Minggu (7/7/2019) siang. (Photo : Bayu/1News)

1News.id, SAMARINDA – Ribuan burung berbagai jenis, Minggu (7/7/2019) pagi unjuk gigi dalam Lomba Burung Tingkat Nasional dalam rangka Kapolresta Dandim Cup. Perlombaan yang diselenggarakan di Halaman Mako Polresta Samarinda ini, diikuti sebanyak 1.300 peserta dari sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim).

“ Ada 35 kategori atau kelas tandingnya. Setiap kelas kita kasih waktu 8 sampai 12 menit, sementara untuk kelas Love Bird minimal 5 menit,” terang Adi, Kepala Juri kepada harian ini.

Untuk peserta, terang Adi, berasal dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, dan Balikpapan. Dalam perlombaan ini, pihaknya melibatkan 12 juri dari Persatuan Gantangan Samarinda (Pergansa).

“ Penilaian yang menang kita lihat dari bunyinya, kemudian variasi atau menirukan suara burung lain. Selanjutnya kita juga lihat dari durasi bunyinya dan terakhir gayanya,” urai Sekretaris Pergansa ini.Event ini dilaksanakan guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 dan HUT Kodam 6 Mulawarman ke-61. Kegiatan ini dihadiri langsung Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Vendra Riviyanto dan Komandan Kodim (Dandim) 0901 Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin beserta Pejabat Utama (PJU).

“ Diharapkan dengan dilaksanakannya lomba ini, para peserta bisa melatih, menguji serta mempertandingkan burung kesayangan mereka. Sekaligus melalui kegiatan ini, kita dari TNI-Polri bisa menjalin silaturahmi dengan masyarakat, terutama pemilik burung-burung,” ungkap Vendra.

Perlombaan ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Polresta Samarinda. Namun kali ini penyelenggaraannya dilakukan bersama Kodim Samarinda.

“ Ini bukti kalau TNI-Polri selalu bersama untuk masyarakat. Apalagi ini juga maunya teman-teman pecinta burung. Mereka ingin perlombaan ini lebih bergensi, sehingga dilaksanakanlah Kapolresta Dandim Cup,” jelas Vendra.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0901 Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin. Dia mengatakan kegiatan ini menjadi wadah TNI-Polri untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

“ Dengan silaturahmi ini diharapkan bisa mencegah segala bentuk kerusuhan. Karena kita semua ingin Samarinda ini menjadi tempat yang kondusif dan aman,” tambahnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu