AKIBAT NARKOBA : IS saat diamankan di Mapolsek Sebulu karena mengedarkan sabu di Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu. (ist)

1News.id, Kutai Kartanegara – Kepolisian Sektor Sebulu berhasil mengamankan satu pengedar narkoba. Dia berinisial IS (21) warga Jalan Pangeran Antasari, Blok C, RT 23, Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“ Pelaku kami tangkap di sebuah kosan milik temannya di Desa Manunggal Daya, tak jauh dari tempat tinggalnya,” terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Sebulu AKP Zainal Arifin kepada harian ini, Minggu (30/6/2019) pagi.

Pemuda yang masih berstatus pelajar kelas 3 di salah satu SMA di Sebulu ini ditangkap, Jumat (28/6/2019) malam sekitar pukul 22.00 Wita. Dari tangan IS, petugas mengamankan barang bukti berupa 3 poket narkoba jenis sabu seberat 0,81 gram brutto yang disimpan di baju sekolah serta alat hisap atau bong.

“ Dari pengakuannya, sabu itu dijualnya kepada pekerja kayu. Alasannya untuk doping atau obat kuat kerja. Jadi tidak pernah dijualnya kepada teman-temannya di sekolah,” ucap Zainal.

Menjual sabu ini, sudah dilakoni IS hampir setahun dan tidak diketahui orang tuanya. Untuk hasil penjualan sabu itu, digunakan IS untuk belanja atau foya-foya. Sementara sabu itu, IS beli dari temannya berinisial MR asal Kutai Timur (Kutim) yang kebetulan lewat Sebulu usai membeli dari bandar di Samarinda.

“ Orang tuanya nggak tahu sama sekali. Mereka tahunya saat pelaku kami amankan,” tutur Kapolsek.

Tertangkapnya IS ini, tambah Zainal, berkat informasi dari masyarakat yang resah adanya aktifitas narkoba di Desa Manunggal Daya. Kemudian Zainal memerintahkan Unit Reskrim dan Intelkam untuk menyelidiki dilapangan. Hingga akhirnya IS berhasil diamankan.

“ Saat ini pelaku sudah kami amankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Dia kita jerat dengan Pasal 114 ayat (1) Pasal 112 ayat ( 1) Pasal 132 ayat (1) Jo Pasal  127 ayat (1) huruf a UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” tandasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu