KUNJUNGI MASYARAKAT : Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto saat mengunjungi korban banjir di Posko Gedung PKK Jalan S Parman, Samarinda, Jumat (14/6/2019) pagi. (Photo : Bayu/1News)

1News.id, SAMARINDA – Musibah banjir di Kota Samarinda sudah sepekan lamanya terjadi sejak minggu lalu. Melihat kondisi tersebut, Jumat (14/6/2019) pagi tadi, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto bersama Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Pol Drs Priyo Widyanto langsung turun untuk mengunjungi para korban banjir di Samarinda tersebut.

Tiba di Samarinda sekitar pukul 09.00 Wita, Pangdam dan Kapolda beserta rombongan langsung menuju Posko Induk Tanggap Darurat di Kantor UMKM Jalan DI Panjaitan untuk menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Peninjauan Lokasi Banjir.

Dalam rakor yang dihadiri Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto beserta instansi terkait. Komandan Kodim (Dandim) 0901/Samarinda Letkol Inf M Bahrodin langsung memaparkan kondisi terkini banjir di Samarinda.

“ Berdasarkan analisa. Penyebab banjir di Samarinda dikarenakan terjadinya pendangkalan di Sungai Karang Mumus serta penyempitan bantaran Sungai Karang Mumus yang dijadikan perumahan penduduk,” jelas Bahrodin.

“ Kemudian masih adanya kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di sungai. Selain itu banyak masyarakat yang tidak bersedia di evakuasi dari rumah masing-masing saat banjir terjadi. Terakhir adalah keterbatasan alat perlengkapan penanggulangan banjir di Samarinda,” tambahnya.

Selanjutnya, ucap Bahrodin, selama bencana banjir terjadi di Samarinda, dapat diatasi dengan baik atas kerjasama semua pihak. Meski ungkapnya, masih banyak yang perlu ditingkatkan terkait dengan keterbatasan yang ada.

“ Saran dari kami, perlu dilakukan pengerukan Sungai Karang Mumus untuk mengurangi terjadinya pendangkalan, serta menambah pengadaan LCR dan perlengkapan penanggulangan terutama di kelurahan yang rawan banjir,” katanya.Tercatat hingga Jumat, jumlah korban yang terdampak banjir mencapai 56.123 jiwa atau 17.485 Kepala Keluarga (KK). Jumlah tersebut terdata di 5 Kecamatan atau 13 Kelurahan.

“ Kami datang kesini diharapkan dapat meringankan beban para korban bencana. Karena apa yang dirasakan mereka, sama apa yang kami rasakan,” ungkap Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto.

Dia menerangkan, kunjungan ini selain bertemu dengan masyarakat, sekaligus untuk melihat langsung kegiatan yang dilakukan oleh Dandim dan Kapolresta Samarinda saat membantu masyarakat.

“ Mohon dilaporkan kepada saya apabila ada kekurangan dalam kegiatan ini,” pesan Pangdam.

Subiyanto melihat masih mudahnya masyarakat membangun bangunan sehingga menutup jalur keluarnya air. Untuk itu dia meminta kepada Sekda Kota Samarinda untuk lebih ketat dalam mengeluarkan IMB di Samarinda.

“ Banjir di Samarinda sudah sering terjadi. Jadi bagaimana sekarang kita menyikapinya dan segera lakukan langkah-langkah pencegahan,” pintanya.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto mengatakan, banjir ini tak hanya terjadi di Samarinda saja. Tetapi banjir juga menimpa Kabupaten Kukar, Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu).

“ Tolong segera dilakukan langkah jangka panjang dan pendek mengatasai banjir ini. Selain itu berikan edukasi kepada masyarakat, baik mengenai pencegahan banjir maupun menghadapi datangnya banjir,” katanya.

Kapolda bersyukur, penanggulangan yang dilakukan saat banjir di Samarinda cepat dan tepat. Apalagi dalam musibah ini tidak adanya korban jiwa.

“ Mudah-mudahan banjir ini menjadi hikmah kita bersama. Terutama jelang pemilu, saat banjir tidak ada ‘kotak-kotakan’, semua bersatu dan bergotong royong mengatasi banjir,” ungkap Priyo.

Usai menghadiri rakor, Pangdam dan Kapolda melanjutkan perjalanan ke Posko Pengungsian di Kecamatan Samarinda Ulu. Dalam kesempatan itu, dua petinggi ini menyapa masyarakat yang mengungsi di Gedung PKK Jalan S Parman sekaligus memberikan bantuan kepada perwakilan. Selanjutnya hal serupa juga dilakukan di Posko Bhakti Sosial Kesehatan yang berada di Masjid Al Muhajirin Jalan Bengkuring. (bay)* Rombongan Polda Kaltim :

– Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, MM (Kapolda Kaltim)

– Kombes Pol Ethel Stevan, SH, SIK, M.Si (Karo SDM Polda Kaltim)

– Kombes Pol Ade Yahya Suryana, SIK (Kabid Humas Polda Kaltim)

– Kombes Pol Thaufan H (Dir Shabara Polda Kaltim)

– Kombes Pol. Naek Pamen Simanjuntak, SIK (Kabid Propam Polda        Kaltim)

– Kombes Pol Omad (Dir Polairud Polda Kaltim)

– Kombes Pol Gandik S (Kabid Dokkes Polda Kaltim)

– Kombes Pol Vendra Riviyanto, SIK, MH (Kapolresta Samarinda)

– AKBP Dedi Agustono, SIK, MH (Wakapolresta Samarinda)

* Rombongan Kodam VI/ Mulawarman

– Mayjen TNI Subiyanto (Pangdam VI Mulawarman)

– Kol Cpm Satari Wahyudianto (Danpomdam VI/Mulawarman)

– Kol Inf Cba Heri Ismailiya (Asisten Logistik Kasdam               VI/Mulawarman)

– Kol Kav Dino Martino (Kapendam VI/Mulawarman)

– Kol Inf Ruslan Effendy (Kasrem 091/ASN)

– Kol Laut (P) Wahyu Cahyo (Danlanal Balikpapan)

– Kol Pnb Irwan Pramuda (Danlanud Balikpapan)

– Letkol Inf Teguh Wiratama (Waasops Kasdam VI/Mulawarman)

– Letkol M. Bahruddin (Dandim 0901/Smda)

– Letkol Cpm Fauzi (Dandenpom Samarinda)

Sumber : Humas Polresta Samarinda (*)

Berikan Tanggapanmu