KENA CIDUK : Dian Hidayat, penculik anak asal Kota Palu, Sulawesi Tengah saat diamankan di Penginapan Beringin, Kecamatan Muara Jawa, Kukar, Sabtu (11/5/2019) malam. (ist)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Hanya kurun waktu 24 jam, Tim gabungan Jatanras Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dibantu Polsek Muara Jawa berhasil membekuk pelaku penculikan anak. Dia bernama Dian Hidayat (44) warga pendatang asal Kelurahan Taipa, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Penangkapan Dian terjadi, Sabtu (11/5/2019) malam sekitar pukul 22.45 Wita di Penginapan Beringin, Kelurahan Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“ Pelaku kami tangkap saat berada di dalam kamar. Saat itu dia bersama dengan korban,” terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Muara Jawa AKP Pormelli Hasugian kepada harian, Minggu (12/5/2019) siang.

Dari informasi yang diperoleh, Dian menculik seorang bocah berusia 7 tahun tersebut, Jumat (10/5/2019) lalu dari ibunya di Palu. Kemudian Dian bersama bocah tersebut terbang ke Kaltim menggunakan pesawat terbang.

“ Setibanya di Balikpapan, pelaku membawa korban ke Muara Jawa dan menginap di penginapan tersebut selama satu malam,” ucap Hasugian.

Bocah tersebut, terang Kapolsek, merupakan anak tiri Dian sendiri. Diduga ada permasalahan dengan istrinya, Dian nekat menculik bocah tersebut tanpa sepengetahuan ibunya.

“ Pengakuannya, dia (Dian,Red.) pamit ke ibunya untuk ajak korban jalan-jalan naik sepeda motor. Ternyata pelaku malah menculiknya dan membawanya ke bandara,” tuturnya, lagi.

Alhasil, setibanya di Muara Jawa, Dian langsung menghubungi ibu bocah tersebut dan meminta tebusan Rp 100 juta. Apabila tidak dituruti, maka Dian akan terus menganiaya anak itu dan membawanya ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“ Dari keterangan penjaga di penginapan. Malam disaat pelaku menginap, sempat terdengar suara teriakan seperti penganiayaan dan tangisan korban. Bahkan saat itu penjaga penginapan tersebut sempat menegur agar tidak ribut,” jelas Hasugian.

Mendapat kabar anak bungsunya telah diculik, ibu tersebut langsung melapor ke Polda Sulteng, Sabtu pagi. Setelah mengetahui keberadaan Dian di Kaltim, Polda Sulteng langsung berkoordinasi dengan Polda Kaltim untuk mencari posisi Dian bersembunyi. Sampai akhirnya, Dian berhasil diciduk di Muara Jawa.

Usai diamankan, Dian langsung diserahkan ke Tim Jatanras Polda Sulteng yang dipimpin Kasubbid Renata AKBP Taufik Sugih Adhadi. Dikonfirmasi terpisah, Taufik mengatakan masih mendalami kasus penculikan anak ini.

“ Masih kita dalami, untuk sementara kami masih meminta keterangan sejumlah saksi, termasuk pihak penginapan,” kata Taufik kepada harian ini. (bay)

Berikan Tanggapanmu