KETAHUAN MENCURI : Seorang petugas dari Tim Alligator Satreskrim Polres Kukar saat mengamankan Samsul di Klinik Bina Sentra usai terciduk mau mencuri uang di kotak amal, Senin (6/5/2019) pagi. (ist)

1News.id, KUTAIKARTANEGARA– Suasana di Jalan Belida, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (6/5/2019) pagi tadi mendadak ramai. Seorang pria berusia 35 tahun diciduk karyawan yang bekerja di Klinik Bina Sentra, Tenggarong, saat ingin mencuri uang di dalam kotak amal.

Dialah Samsul, warga pendatang asal Kota Ambon, Provinsi Maluku. Saat diamankan Samsul sedang berusaha mencongkel kotak amal yang ada di Klinik Bina Sentra sekitar pukul 11.10 Wita. Beruntung saat itu, sejumlah karyawan yang melihat ulah Samsul, langsung bergerak cepat dan menciduknya.

Bahkan saat itu, Samsul sempat mencoba melawan. Apalagi waktu mencuri kotak amal, Samsul terlihat membawa sebilah senjata tajam (sajam) yang digunakannya untuk mencongkel kotak amal.

Untungnya, sebelum di amuk massa, seorang petugas dari Tim Alligator Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kukar tiba untuk mengamankannya. Kemudian Samsul digiring ke Mapolres Kukar guna pemeriksaan lebih lanjut.

“ Pelaku sudah kami amankan di Mapolres Kukar dan masih diperiksa petugas piket di Unit Pidum,” terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa kepada harian ini saat dikonfirmasi.

Kepada penyidik, Samsul mengatakan baru menetap di Kalimantan Timur (Kaltim) sekitar 3 tahun lalu usai tiba dari Ambon. Selama di Kaltim, Samsul mengaku tinggal di Kelurahan Batu Ampar, Kota Balikpapan.

“ Pelaku nggak bekerja disini (Kaltim,Red). Datang dari Ambon, ngakunya cuma mau curi kotak amal saja,” ucap Damus.

Setiap beraksi, Samsul selalu menumpang satu per satu truk hingga tiba di Tenggarong. Sesampainya di Tenggarong, Samsul langsung mencari kotak amal yang menjadi targetnya.

“ Kalau di Tenggarong ngakunya baru ini, tapi dia (Samsul,Red) pernah mencuri kotak amal ditempat lain juga,” tutur Kasat.

Dengan kejadian ini, Kasat mengucapkan banyak terimakasih kepada karyawan Klinik Bina Centra yang sigap dan mau membantu aparat kepolisian dalam menindak aksi kriminalitas.

“ Terima kasih banyak sudah membantu tugas Polri. Peran serta masyarakat sangat diperlukan guna mengurangi atau mencegah tindak kejahatan yang terjadi di Kukar,” ungkap Damus. (bay)

Berikan Tanggapanmu