SIAP TINDAK : Tim Anti Balap Liar Polres Kukar siap menindak aksi balapan liar selama bulan suci Ramadhan. (ist)

1News.id, KUTAIKARTANEGARA – Setiap bulan suci Ramadhan, aksi balap liar kerap dilakukan sejumlah remaja dan sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) telah membentuk tim anti balap liar yang tergabung dari seluruh satuan.

“ Iya, kami (Polres Kukar,Red) telah membentuk tim anti balap liar. Kami akan menindak tegas balapan liar saat bulan Ramadhan,” tegas Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Senin (6/5/2019) pagi.

Penindakan ini tentu saja agar umat muslim yang melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadhan berlangsung aman, nyaman dan kondusif. Apalagi tambah Anwar, di Indonesia, termasuk di Kukar baru selesai melaksanakan pemilu serentak tahun 2019.

“ Biasanya balapan liar terjadi jelang berbuka dan saat subuh dengan alasan ngabuburit. Tentunya aksi balapan tersebut sangat membahayakan bagi pengemudinya dan juga pengguna jalan lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kukar AKP Ramadhanil menambahkan, tim anti balap liar ini akan ditempatkan di sejumlah lokasi yang sering terjadi balapan liar, terutama jelang berbuka puasa dan saat subuh.

Adapun sanksi bagi yang terlibat dalam aksi balapan liar akan dikenakan Pasal 115 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dengan pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp. 3 juta, 

“ Selain itu kendaraannya juga akan ditahan di Mapolres Kukar hingga lebaran usai,” tegas Kasat.

Namun ungkap Ramadhanil, meski tim anti balap liar ini sudah dibentuk. Peran serta semua elemen masyarakat sangat diperlukan agar penindakan ini bisa lebih efektif dan berjalan lancar demi keamanan Kota Tenggarong dan sekitarnya.

“ Kami harapkan adanya kerjasama masyarakat. Apabila ada yang melihat aksi balap liar, segera laporkan ke Polres Kukar,” imbaunya. (bay)

Berikan Tanggapanmu