SALING BERBAGI : Aiptu I Dewa Gede Karang, Bhabinkamtibmas Desa Bangun Rejo dari Polsek Tenggarong Seberang membagikan takjil kepada masyarakat yang berpuasa, Kamis (9/5/2019) sore kemarin. (ist)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA –Mungkin sebagian masyarakat di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengenal sosok satu ini. Iya, dialah I Dewa Gede Karang, anggota Polsek Tenggarong Seberang. Polisi berpangkat Aiptu ini memang terkenal ramah dan suka menolong.

Kepada harian ini, pria yang akrab disapa Dewa ini mengaku senang bisa memberikan contoh kepada masyarakat lain untuk selalu berbuat kebaikan. Terutama saat bulan suci Ramadhan, pria beragama hindu ini terus menerus mengajak orang-orang disekitarnya agar tidak lupa saling berbagi.

Seperti yang dilakukannya, Kamis (9/5/2019) sore kemarin. Bersama sejumlah pengurus Pencak Silat Persaudaraan Setia Hari Terate (PSHT), Bhabikamtibmas Desa Bangun Rejo ini membagikan sejumlah takjil kepada masyarakat di desanya tempatnya bertugas. Hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk toleransi dan saling menghormati antar umat beragama.

“ Kita harus saling hormat menghormati antar sesama agama. Apalagi saat ini bulan puasa, saya ingin mengajak masyarakat untuk selalu berbagi kepada mereka yang membutuhkan dan tepat sasaran,” kata Dewa, Jumat (10/5/2019) di Mapolsek Tenggarong Seberang.

Tak hanya dibulan Ramadhan saja, pria yang sudah mengabdi sebagai Polri sejak 25 tahun lalu ini juga pernah membangunkan sebuah pondok layak huni bagi seorang pria paruh baya yang tidak memiliki tempat tinggal. Bahkan, Dewa juga pernah merawat hingga memandikan seorang nenek berusia 130 tahun yang tinggal sebatangkara tanpa keluarga.

“ Itu saya lakukan atas dasar hati yang paling dalam. Saya tidak tega melihat seseorang yang sudah tua dan tidak ada yang merawatnya. Jadi saat itu saya jadi teringat orang tua sendiri,” ungkap suami Jero Made Puspa Dewi ini.

Tentunya apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas sejak tahun 1995 ini mendapat dukungan penuh dari Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dan juga Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf.

“ Tanpa dukungan pimpinan, saya bukanlah siapa-siapa. Saya ingin apa yang saya lakukan ini akan menjadi panutan bagi rekan-rekan Polri yang lain. Karena pekerjaan yang diamanatkan kepada kita ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, terutama dalam melayani dan mengayomi masyarakat,” ucap ayah dari Desak Putu Mega Oktaviani dan I Dewa Made Rizky Permana ini. (bay)

Berikan Tanggapanmu