TERIMA PENGHARGAAN : Sejumlah Kepala Daerah saat menerima piagam penghargaan dalam RKPD tahun 2019 oleh Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi, Rabu (10/4/2019) kemarin. (Photo : Yofie/1News) 

1News.id, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada pemerintah kabupaten dan kota dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019, Rabu (10/4/2019) kemarin di Pendopo Odah Etam, Jalan Gajahmada, Kota Samarinda.

” Ini merupakan apresiasi Pemprov Kaltim. Kita harapkan pemberian piagam penghargaan ini dapat memacu dan memotivasi seluruh kabupaten dan kota dalam penyusunan dokumen RKPD. Terutama yang berhasil memperoleh peringkat pertama, kiranya terus dipertahankan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Hj Meiliana usai pembukaan Musrenbang 2019.

“ Sementara daerah yang memperoleh peringkat dua dan tiga harus mampu berkreasi dan berinovasi. Sehingga pada penyusunan dokumen RKPD tahun depan bisa merubah peringkat,” ungkapnya. 

Kemudian, lanjutnya, bagi kabupaten yang belum memperoleh penghargaan dalam penyusunan dokumen RKPD tahun ini, kiranya tahun depan harus dapat melakukan berbagai macam kreasi. Termasuk dalam usulan perencanaan pembangunan di daerah, dengan program-program pro rakyat dan betul- betul diperhatikan.

“ Tidak dapat tahun ini, maka tahun depan harus berhasil memperoleh penghargaan dalam penyusunan dokumen RKPD,” pesan Meiliana.  

Diterangkannya, dalam penilaian penghargaan kepada kabupaten dan kota, telah dilakukan lebih komperehensif (menyeluruh). Sehingga tidak hanya mempertimbangkan usul perencanaan, namun juga perencanaan pembangunan di daerah.

Untuk tim penilainya, dilakukan oleh unsur perguruan tinggi, organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemprov Kaltim dan lembaga swadaya masyarakat.

Sekedar diketahui, piagam penghargaan pembangunan daerah tahun 2019 oleh Provinsi Kaltim diserahkan kepada, Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai peringkat pertama, Kutai Timur (Kutim) peringkat kedua dan Kabupaten Berau diperingkat ketiga. Sementara untuk kota, diserahkan kepada Balikpapan diperingkat pertama, Samarinda peringkat kedua dan Bontang diperingkat ketiga.

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubenur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi, didampingi Plt Sekprov Kaltim, Meiliana, serta Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain. (*Vie)

Berikan Tanggapanmu