GAGAL JUAL : Jul Gusti Firman, seorang pemuda 23 tahun warga Jalan Gunung Belah ditangkap Tim Alligator Satreskrim Polres Kukar usai mencuri sepeda motor, Jumat (5/4/2019) lalu. (ist)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Terbayang akan mendapatkan sejumlah uang, malah berakhir di penjara. Itulah yang dialami Jul Gusti Firman, seorang pemuda berusia 23 tahun. Dia harus berurusan dengan Tim Alligator, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) karena mencuri satu unit sepeda motor merek Honda Supra X 125, Jumat (5/4/2019) sore lalu sekitar pukul 17.30 Wita.

Untuk diketahui, pencurian yang dilakukan Jul terjadi di Jalan Mangkuraja 1, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong. Namun apes bagi Jul, dua jam usai dilaporkan ke Polres Kukar, pemuda pengangguran itu langsung diciduk Tim Alligator yang dipimpin Kanit Opsnal Iptu Aksaruddin Adam.

“ Setelah adanya laporan masuk, anggota opsnal langsung bergerak ke lapangan untuk lakukan penyelidikan,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa kepada harian ini, Minggu (7/4/2019) pagi.

Tak lama kemudian, Tim Alligator mendapatkan informasi kalau ada seseorang mau menjual sepeda motor dengan tipe yang sama dan dengan harga yang sangat murah.

“ Ternyata itu sepeda motor yang barusan dicuri diJalan Mangkuraja 1. Pelaku menawarkan sepeda motor itu kepada teman-teman yang dia kenal chating di media sosial (medsos) dengan harga Rp 2 juta,” terang Damus.Setelah berhasil mengantongi identitas penjualnya, Iptu Aksaruddin bersama personel langsung bergerak untuk menangkap pemuda bernama Jul itu.

“ Pelaku berhasil ditangkap di Jalan Triyu, Tenggarong sekitar pukul 19.30 Wita lengkap dengan sepeda motor yang baru saja dicurinya dua jam sebelumnya,” jelas Kasat, lagi.

Tak ada perlawanan saat diamankan, Jul pasrah dirinya terciduk oleh polisi. Kemudian Jul langsung digiring ke Mapolres Kukar guna pemeriksaan lebih lanjut.

“ Pelaku ini residivis kambuhan. Sekitar 3 tahun lalu dia pernah masuk penjara dengan kasus yang sama,” beber Damus.Akibatnya, pemuda bujangan ini kembali mendekam dalam penjara untuk kedua kalinya. Sebagai barang bukti, polisi mengamankan sepeda motor Honda Supra X 125 warna putih hijau KT 4583 OC dan satu unit handphone.

“ Pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Dia kami jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman diatas lima tahun penjara,” pungkasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu