Photo : Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra (int)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Sebanyak delapan TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) akan melakukan pemungutan suara atau pencoblosan susulan dalam pemilu serentak tahun 2019 ini. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Erlyando Saputra kepada harian ini, Kamis (18/4/2019) kemarin.

“ Iya ada delapan TPS di dua kecamatan. Yakni di Kecamatan Tabang dan Marangkayu,” kata Erlyando.

Delapan TPS tersebut terdiri dari 7 TPS di Tabang yakni di TPS 7 Desa Gunung Sari, TPS 4,5 dan 6 di Desa Buluq Sen, TPS 3 dan 4 di Desa Umaq Dian dan TPS 2 di Desa Tabang Lama. Sedangkan 1 TPS yang berada di Marangkayu yakni TPS 12 Desa Semangko, tepatnya di Rig atau arel kerja Chevron.

Untuk jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tersebut yakni 1.604 di Tabang dan 71 di Marangkayu, dengan total 1.675 pemilih. Mengenai jadwal pencoblosan susulan itu, terang Erlyando, pihaknya masih menunggu hasil koordinasi dengan KPU tingkat Provinsi Kaltim.

“ Kami lagi mensinkronkan dulu, baru kami akan memutuskan,” ucapnya. 

Kendala mengapa terjadinya pencoblosan susulan ini, terang Erlyando, karena konsorsium percetakan telat menyelesaikan cetakan surat suaranya, sehingga berimbas pada distribusi ke kabupaten-kabupaten yang ada TPS berbasis DPTb.

Karena tambahnya, selain Kukar terdapat 3 kabupaten lain yang akan melaksanakan pencoblosan susulan seperti Kubar, Mahulu dan Berau.

“ Jadi kendalanya karena waktu atau jarak pengiriman logistik. Sehingga kami fokus melakukan pendistribusian di kecamatan-kecamatan yang jaraknya masih bisa ditempuh sebelum waktu pemilihan,” jelasnya.

Mengenai logistik yang akan digunakan di 8 TPS susulan itu, kata Erlyando sudah berada ditingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

“ Sudah di PPK, tinggal disalurkan ke TPS yang akan melakukan pencoblosan susulan,” terangnya, lagi. (bay)

Berikan Tanggapanmu