Photo : Ilustrasi (int)

1News.id, SAMARINDA – Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-10 tahun 2019. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kaltim, Ibrahim.

“ Dengan terlaksananya Peda KTNA, semoga petani dan nelayan semakin sejahtera,” harap Ibrahim dalam Rapat Koordinasi (Rakor) panitia penyelenggara Peda KTNA ke-10 di ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Senin (22/4/2019) pagi.

Rencananya, Peda KTNA di Berau akan dilaksanakan mulai 20-25 Juni 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 2.100 orang dari petani dan nelayan.

“ Selama Peda KTNA, para peserta akan membahas berbagai permasalahan dan mencari solusi untuk peningkatan tani dan nelayan di Kaltim,” jelas Ibrahim.

Untuk itu kata Ibrahim, dengan kegiatan rembug ini, peran Peda KTNA dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional dapat terwujud. Apalagi, Pemprov Kaltim dalam hal ini DPTPH terus melakukan berbagai upaya yang berorientasikan kepada pertanian, baik kebijakan infrastuktur, produksi, pasca panen dan pasar.

“ Bahkan dari sisi regulasi, kita juga lakukan perbaikan agar kesejahteraan petani dan nelayan juga meningkat. Sehingga harapan saya, itu akan menjadi solusi bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan,” tuturnya, lagi.

Kemudian apa yang nantinya dihasilkan dalam Peda KTNA bisa membuahkan hasil yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan. Sehingga diharapkan anggota KTNA sebagai mitra kerja pemerintah terus mendukung program pemerintah.

Karena jelasnya, organisasi KTNA sebagai organisasi yang berada di tingkat desa, kelurahan, hingga kecamatan, akan memberikan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian di Kaltim.

“ KTNA harus berkonsentrasi dan berperan aktif untuk membantu petani nelayan serta mensukseskan program pemerintah. Dengan tujuan agar petani nelayan menjadi tangguh dan mandiri,” tandas Ibrahim. (*Vie)

Berikan Tanggapanmu