Kasdim: Dukung TNI-Polri Ciptakan Kamtibmas yang Aman, Damai, dan Sejuk

1News.id, Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengharapkan masyarakat mendukung TNI-Polri untuk menciptakan suasana kamtibmas Cilacap yang aman, damai, dan sejuk.

Hal itu dikatakan dia saat menghadiri Istighotsah Kebangsaan Ulama Umaro dan Masyarakat Cilacap yang digelar Polres Cilacap di Lapangan Eks-Batalyon, Jalan Jenderal Soedirman, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2019) malam.

Mengusung tema “Merajut Kebhinnekaan dalam Bingkai Pancasila Menuju Pileg dan Pilpres 2019 yang Aman, Damai, dan Sejuk”, kegiatan ini diikuti sekitar 1.000 orang.

Tampak hadir Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan unsur Forkopimda lainnya.

Acara tersebut juga diikuti para Kapolsek jajaran Polres Cilacap, Ketua Bawaslu Cilacap Bachtiar Hastiarto, Komisioner KPU Cilacap Mughni, Ketua FKUB Cilacap KH Ahmed Shoim El Amin, Lc, dan tokoh agama dari Cilacap, Habib Abdillah Al Jaelani.

Dalam kegiatan ini menghadirkan penceramah Habib Hasan bin Aqil Ba’abud dari Purworejo.

Kapolres AKBP Djoko Julianto mengatakan, Istighotsah Kebangsaan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME dan TNI-Polri bersama elemen masyarakat bersatu, bergandeng tangan supaya Kabupaten Cilacap menjadi wilayah yang tenteram dan damai. “Terlebih menjelang Pileg dan Pilpres 2019,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, dia berharap masyarakat Cilacap tidak menyebar berita bohong, berita hoaks, dan fitnah menjelang Pileg dan Pilpres 2019.

Kapolres kembali mengimbau agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang, karena partisipasi masyarakat akan menghasilkan pemimpin 5 tahun ke depan.

“TNI, Polri, dan pemerintah daerah senantiasa mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing dan masyarakat supaya tidak ada yang golput,” kata Kapores.

Pemkab melalui Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mengapresiasi acara yang digelar Polres Cilacap.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap Syamsul mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Cilacap dan jajarannya atas pelaksanaan Istighosah Kebangsaan ini.

Pemkab Cilacap berharap, masyarakat Cilacap mempunyai kesadaran untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Proses demokrasi adalah pendewasaan. Beda pilihan itu juga wajar, akan tetapi tetap harus bersatu dalam kebhinnekaan.

Dia berharap masyarakat tidak percaya terhadap berita hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian.

“Kami berharap dalam menjalankan pesta demokrasi nanti tidak ada gesekan dan bisa mendapat pemimpin yang bisa membawa Indonesia baldatun thoyyibatun,” harap Syamsul.

Di akhir acara, dilanjutkan tausiyah dari KH Ahmed Shoim El Amin Lc selaku Ketua FKUB Kabupaten Cilacap maupun dari Habib Hasan bin Aqil Ba’abud.

Mereka mengajak agar kita merapatkan barisan, jangan terprovokasi isu yang dapat memecah belah jalannya pesta demokrasi.

Mereka mengatakan bahwa siapapun yang terpilih adalah yang terbaik, yang bisa menjaga komitmen menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Menyikapi keamanan wilayah jelang pelaksanaan Pemilu tahun 2019 ini, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian tentunya mengingatkan, TNI Cilacap akan bersinergi dengan Polres dan satuan lainnya guna mengamankan jalannya pesta demokrasi Pemilu tahun 2019.

“Keamaman bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri, tapi tanggung jawab bersama. Untuk itu kepada seluruh masyarakat saya harapkan agar ikut mendukung TNI Polri dalam menjalankan tugas menciptakan kamtibmas di Kabupaten Cilacap supaya aman, damai,8 dan sejuk terlebih lagi menjelang pileg dan pilpres 2019,” ujarnya. (Rep/E)

Berikan Tanggapanmu