Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah (Photo : Bayu/1News)

1News.id, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menegaskan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan surat suara atau pencoblosan susulan di 43 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 4 Kabupaten di Kaltim, paling lambat dilaksanakan pada 27 April 2019 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah saat dikonfirmasi harian ini, Jumat (19/4/2019) sore. Bahkan pelaksanaannya diserahkan langsung oleh masing-masing kabupaten yang melaksanakannya, yakni Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar), Mahakam Ulu (Mahulu) dan Berau.

“ Setelah ditetapkan pelaksanaannya paling lambat dilaksanakan tanggal 27 April 2019. Maka tugas selanjutnya, masing-masing kabupaten menentukan hari dan tanggal sesuai kesiapan logistik dan teknis,” kata Rudiansyah.

Tak hanya itu, Rudiansyah juga meminta agar masing-masing kabupaten segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu serta peserta pemilu, agar mengetahui waktu pemungutan dan bisa menghadirkan saksi pada waktu pelaksanaan.

“ Jangan lupa juga untuk berkoordinasi dengan TNI Polri agar pelaksanaanya berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Untuk jadwal pelaksanaan, jelas Rudiansyah, masih dilakukan pertimbangan oleh masing-masing kabupaten.

“ Bagi kami apabila sudah siap, makin cepat lebih baik,” tegasnya.

Kukar Melaksanakan Tanggal 22 April

SIAP DILAKSANAKAN : Logistik untuk pemungutan surat suara sudah berada di PPK masing-masing, termasuk di Kecamatan Tabang, Kukar. (ist)

MENGETAHUI KPU Kaltim meminta agar pelaksaanan pencoblosan susulan dilakukan oleh masing-masing kabupaten. Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Rencananya, pencoblosan susulan di 8 TPS yang ada di dua kecamatan yakni Tabang dan Marangkayu akan digelar tanggal 22 Aprilmendatang.

“ Untuk di Kukar kami laksanakan tanggal 22 April,” terang Erlyando, Jumat (19/4/2019) malam.

Bahkan sebelumnya, Erlyando mengatakan bahwa logistik untuk 8 TPS tersebut sudah berada di PPK.

“ Alhamdulillah sudah aman dan siap dilaksanakan. Bahkan kami juga sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, baik bawaslu, peserta pemilu, serta TNI-Polri,” tuturnya.

Polres Kukar Cek Persiapan di Tabang

PANTAU KESIAPAN : Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria saat memantau persiapan di Kecamatan Tabang, Jumat (19/4/2019) siang. (ist)

TAK hanya itu, Jumat (19/4/2019) pagi tadi, Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria bersama sejumlah perwira Polres Kukar langsung berangkat ke Kecamatan Tabang guna mengecek kesiapan pencoblosan susulan. Menggunakan speedboat, Wakapolres tiba di Tabang siang hari dan langsung menuju lokasi tempat logistik 8 TPS tersebut disimpan.

Untuk diketahui, 8 TPS tersebut terdiri dari 7 TPS di Tabang yakni di TPS 7 Desa Gunung Sari, TPS 4,5 dan 6 di Desa Buluq Sen, TPS 3 dan 4 di Desa Umaq Dian dan TPS 2 di Desa Tabang Lama. Sedangkan 1 TPS yang berada di Marangkayu yakni TPS 12 Desa Semangko, tepatnya di Rig atau arel kerja Chevron. Untuk jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tersebut yakni 1.604 di Tabang dan 71 di Marangkayu, dengan total 1.675 pemilih. (bay)

Berikan Tanggapanmu