UNGKAP PENCURIAN : Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Damus Asa didampingi Kasubag Humas AKP Urip Widodo saat menggelar press rilis pencurian sepeda motor yang dilakukan kedua pelajar asal Tenggarong, Selasa (26/3/2019) pagi. (Photo : Istimewa)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Akibat “ Panjang Tangan ” atau mencuri satu unit sepeda motor merek Honda Beat. Dua pelajar asal Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditangkap Tim Alligator, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kukar, Minggu (24/3/2019) sore lalu sekitar pukul 16.00 Wita.

Kedua pelajar tersebut berinisial KR (14) warga Jalan Bougenville, Kelurahan Panji, Tenggarong dan MY (17) warga Jalan Pahlawan, Kelurahan Timbau, Tenggarong.

“ Saat ini keduanya sudah kami tahan di Mapolres Kukar dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Bahkan keduanya juga sedang terlibat kasus lain, salah satunya pencabulan,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa kepada harian ini, Selasa (26/3/2019) pagi.

Aksi pencurian yang dilakukan KR dan MY ini terjadi, Kamis (21/3/2019) malam sekitar pukul 20.30 Wita di Jalan Kartini, Gang Keluarga, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong. Saat itu keduanya berhasil membawa kabur sepeda motor merek Honda Beat KT 2636 B milik Irlinda Fajri (45) seorang ibu rumah tangga (IRT).

“ Waktu dicuri, sepeda motor korban sedang terparkir di halaman rumah dengan kondisi tidak terkunci stang,” beber Damus.

Akibatnya, ketika kedua pelajar itu sedang mencari mangsa. Keduanya melihat sepeda motor milik Irlinda tersebut dan langsung mengincarnya. Disaat situasi memungkinkan, keduanya langsung membawa lari sepeda motor itu dan dibawa ke rumah KR di Jalan Bougenville.

“ Sampai di rumah KY di Jalan Bougenville tersebut, mereka langsung mempreteli sepeda motor itu hingga tidak bisa dikenali. Rencananya bagian-bagian sepeda motor itu akan digunakan sendiri, tapi tidak ada kemungkinan akan dijual terpisah,” terang Kasat.Terungkapnya kasus ini, kata Damus, bermula adanya laporan yang masuk ke Polres Kukar usai kejadian. Kemudian Kasat memerintahkan Tim Alligator yang dipimpin Kanit Opsnal Iptu Aksaruddin bersama personel untuk melakukan penyelidikan dilapangan. Hasilnya, Tim Alligator berhasil mengantongi identitas salah satu pelaku yakni KY dan langsung membuntutinya.

“ Pelaku pertama (KY,Red) kami tangkap di Jalan Triyu 2. Kemudian kami ke Jalan Bougenville tempatnya tinggal dan menemukan sepeda motor Honda Beat tersebut dengan kondisi sudah dipreteli. Dari pengakuan KY, aksi pencurian itu dia lakukan bersama dengan MY, yang kami tangkap dirumahnya di Jalan Pahlawan,” urai Damus, lagi.

Mengenai kasus ini, pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut. Namun dari pengakuan KY dan MY, ini merupakan pencurian yang pertama kalinya.

“ Untuk barang bukti kami amankan satu unit sepeda motor Honda Beat KT 2636 B yang sudah dipreteli serta seperangkat alat kunci yang digunakan untuk membongkar sepeda motor. Selain itu, kami juga mengamankan satu unit Yamaha Jupiter MX KT 6935 NG yang digunakan saat melakukan pencurian,” tutur Damus. (bay)

Berikan Tanggapanmu