AKIBAT MENCURI : MR saat diamankan di Mapolsek Sungai Pinang beserta sejumlah kartu voucher yang dicuri di sebuah konter pulsa di Jalan H Maksum, Sempaja Utara beberapa waktu lalu. (Photo : Istimewa)

1News.id, SAMARINDA-Apes bagi MR (15) seorang remaja yang tinggal di Jalan Padat Karya, Gang Majelis, Samarinda. Dia dilaporkan telah melakukan pencurian di sebuah konter pulsa di Jalan H Maksum (Bayur), RT 18, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda milik Saprudin Anwar (37). Akibatnya, MR harus berurusan aparat Kepolisian dari Sektor Sungai Pinang.

Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Nono Rusmana menerangkan, pencurian yang dilakukan MR itu terjadi, Jumat (15/3/2019) lalu sekitar pukul 02.00 Wita. Ketika itu MR masuk ke dalam konter dengan cara membobol atau membongkar jendela samping konter saat Saprudin sedang tidur.

“ Ketika itu pelaku berhasil mencuri berbagai barang berupa kartu voucher atau pulsa berbagai merek serta uang tunai Rp 500 ribu. Usai mencuri, pelaku langsung melarikan diri,” kata Nono kepada harian ini.

Mengira aksinya tidak ketahuan, MR kembali menjalani aktifitasnya sebagai pengangguran. Namun MR tidak menyadari, aksinya berhasil “ tercium ” pihak kepolisian usai mendapatkan laporan dari Saprudin. Hingga akhirnya MR berhasil diciduk oleh petugas di rumahnya.

“ Besoknya langsung kami tangkap. Karena ada beberapa saksi mata dan sejumlah bukti yang mengarah ke pelaku,” tutur Nono.

Usai diamankan, MR lalu dibawa ke Mapolsekta Sungai Pinang. Kepada petugas, MR mengaku mencuri karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Namun MR juga tidak bisa mengelak kalau aksinya ini bukan yang pertama kali dilakukannya, namun sudah beberapa kali ditempat lain.

“ Saat ini pelaku sudah kami amankan. Karena pelaku masih dibawah umur, kami langsung berkoordinasi dengan pihak Bapas (Balai Pemasyarakatan) khusus anak di Samarinda. Akibat perbuatannya, pelaku kami jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun,” tandasnya.(Vie)

Berikan Tanggapanmu