UPACARA SERTIJAB : Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memimpin Upacara Sertijab Kasat Sabhara dan tiga Kapolsek di lingkungan Polres Kukar, Rabu (20/2/2019) pagi. (Photo : Istimewa)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Sebanyak empat perwira di Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (20/2/2019) pagi sekitar pukul 07.00 Wita di mutasi. Itu ditandai dengan upacara serah terima jabatan (Sertijab) oleh Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar di Ruang Catur Prasetya, Lantai 3 Mapolres Kukar, Tenggarong.

Perwira yang di mutasi yakni Kasat Sabhara AKP Bitab Riyani, Kapolsek Loa Janan AKP M Dahlan Djauhari, Kapolsek Muara Jawa AKP Agus Arif Wijayanto, dan Kapolsek Anggana Iptu Baharuddin. Jabatan tersebut telah diisi pejabat yang baru, yakni AKP Suyono sebagai Kasat Sabhara, AKP Andika Dharma Sena sebagai Kapolsek Loa Janan, AKP Pormelli Hasugian sebagai Kapolsek Muara Jawa dan AKP Tri Satria Firdaus sebagai Kapolsek Anggana.

Untuk diketahui, AKP Andika Dharma Sena sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Berau dan pernah menjabat sebagai Kapolsek Muara Kaman. Sementara jabatan Kasat Reskrim Berau ditempati AKP Agus Arif Wijayanto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Muara Jawa. Sedangkan AKP Suyono sebelumnya menjabat Kapolsek Sepaku, Polres Penajam Paser Utara (PPU).

Kemudian AKP Tri Satria Firdaus yang sekarang menjabat Kapolsek Anggana, sebelumnya bertugas sebagai Kanit 1 Silidik Subditgakkum Ditpolair Polda Kaltim, dan AKP Pormelli Hasugian sebelum menjabat sebagai Kapolsek Muara Jawa, bertugas sebagai Kapolsek Muara Pahu, Polres Kutai Barat (Kubar).Dalam upacara sertijab itu turut dihadiri Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria, para Kabag, Kasat, Perwira, Kapolsek, Bintara Polres Kukar dan Ketua Pengurus Cabang Bhayangkari Polres Kukar Nyonya Laura Anwar dan jajaran.

“ Upacara serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Kapolda Kalimantan Timur. Hal ini merupakan dinamika organisasi, sesuai dengan tuntutan tugas dan perkembangan situasi, di sisi lain juga memiliki kepentingan dalam pembinaan karir pejabat yang bersangkutan serta pembinaan personil Polri pada umumnya,” jelas AKBP Anwar Haidar saat membacakan amanat.

Anwar mengatakan, meski menjabat dalam waktu singkat, namun Kasat dan Kapolsek sebelumnya telah melaksanakan tugas dengan baik dan membawa nama organisasi Polres Kukar kea rah yang lebih baik.

“ Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada AKP Bitab Riyadi, AKP M Dahlan Djauhari, AKP Agus Arif Wijayanto, dan Iptu Baharuddin. Saya yakin prestasi dan keberhasilan ini akan selalu menghiasi lembaran karir dimanapun saudara bertugas,” ucapnya.

“ Saya juga mengucapkan terimakasih kepada istri dari Kasat dan Kapolsek yang telah setia dan mendukung suaminya selama ini sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik, begitupun kontribusi dan peran aktif Ibu dalam membesarkan Bhayangkari Cabang Kutai Kartanegara,” tambah Anwar.Kemudian, kepada pejabat yang baru. Kapolres mengucapkan selamat bergabung dan bertugas di lingkungan Polres Kukar.

“ Saya yakin serta percaya dengan kemampuan kepemimpinan, pengetahuan dan pengalaman tugas yang saudara miliki, akan mampu membawa Polres Kutai Kartanegara lebih baik lagi. Termasuk para ibu-ibunya sekalian. Saya berharap ibu dapat berperan aktif untuk membantu serta membina Bhayangkari Polres Kutai Kartanegara, serta berikan dukungan moril dan spiritual yang maksimal kepada suami dalam bertugas,” harap Anwar.

Untuk itu, tegas Kapolres, kepada seluruh personil Polres Kukar agar memberikan dukungan dan kerjasama kepada pejabat yang baru.

“ Mari kita jadikan momentum ini untuk memacu dan meningkatkan semangat, disiplin dan etos kerja, terutama dalam menghadapi gelaran pemilu tahun 2019, yang saat ini memasuki tahap kampanye, serta H-55 pelaksanaan pemungutan suara,” tandasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu