MASIH MARAK : Petugas Polsek Muara Jawa saat mengamankan AR alias TW usai tertangkap basah mengedarkan sabu, Sabtu (2/2/2019) kemarin. (ist)

Polisi Amankan 2 Poket Sabu yang Dibeli dari Balikpapan

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Belakangan ini, kasus Narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) menjadi “ Trend ” di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Pasalnya, sejumlah polsek di jajaran Polres Kukar terus gencar melakukan penangkapan untuk memberantas peredaran narkoba yang merambah hingga ke pedalaman.

Kali ini, Unit Reskrim Polsek Muara Jawa kembali menangkap satu pengedar narkoba. Dia berinisial AR alias TW (37) warga Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa Kukar. Dia ditangkap Sabtu (2/2/2019) sore sekitar pukul 18.10 Wita di Parkiran BNI, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Muara Jawa Ulu.

“ Dari tangan pelaku kami mengamankan dua poket sabu siap edar seberat 0,53 gram,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kapolsek Muara Jawa AKP Agus Arif Wijayanto kepada harian ini, Minggu (3/2/2019) pagi.

Tertangkapnya AR bermula adanya informasi dari masyarakat bahwa akan ada transaksi narkoba di wilayah Kelurahan Muara Jawa Ulu, tepatnya di Parkiran BNI. Kemudian Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Dedi beserta personel opsnal untuk melakukan penyelidikan dilapangan.

“ Disana (Parkiran BNI,Red) anggota lakukan pengintaian. Setelah beberapa lama ditunggu, datang seorang laki-laki dengan menggunakan sepeda motor dan tampak mencurigakan,” ucap Agus.

Ketika AR memarkirkan sepeda motor, petugas yakin kalau inilah pengedar yang dimaksud. Tanpa menunggu lama, petugas lalu meringkusnya.

“ Langsung disergap sama anggota, kemudian dilakukan penggeledahan. Saat itu anggota berhasil menemukan dua poket sabu di tangannya. Bahkan sabu itu hampir saja dibuang oleh pelaku, beruntung anggota sigap dan cepat mengamankannya,” urai Kapolsek.

Usai diamankan, AR lalu dibawa ke Mapolsek Muara Jawa untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Dari pengakuan AR, barang haram itu biasa dibelinya dari Balikpapan dan di edarkan kembali di Muara Jawa.

“ Saat ini pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Dia kami jerat dengan Pasal 114 ayat (1) jo Pasal 112 ayat (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara. Selain sabu, kami turut amankan sepeda motor dan handphonenya,”pungkas Agus.(bay)

Berikan Tanggapanmu