PIMPIN APEL : Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memimpin apel kesiap siagaan Linmas di Halaman Mapolsek Sanga-sanga, Selasa (26/2/2019) lalu. (Photo : Istimewa)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA– Pemilihan Umum (Pemilu) serentak termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres) akan berlangsung dalam waktu dekat di tahun 2019 ini. Guna memaksimalkan pengawasan, Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar, Selasa (26/2/2019) pagi lalu melakukan pengecekan kesiap siagaan petugas Linmas di Kecamatan Sanga-sanga.

Pengecekan itu ditandai dengan apel di Halaman Mapolsek Sanga-sanga, yang dipimpin langsung Kapolres.

“ Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana linmas sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan harapan, perencanaan yang telah disiapkan, dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2019,” ucap Anwar dalam amanatnya.

Sekedar diketahui, pemilu adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yang legitimate (absah) dan berkedaulatan rakyat. Sehingga, pemerintahan dan pimpinan sosial yang nantinya lahir dari hasil pemilu, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai keinginan rakyat.

Dimana terang Anwar, mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara. Maka dalam konteks inilah Polri dengan dibantu unsur terkait, termasuk satuan linmas. Harus bertanggung jawab untuk mengawal pergeseran kotak suara dan menjaga serta mengamankan penyelenggaraan pemilu.

“ Linmas bertanggungjawab terhadap keamanan di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Dimana di setiap TPS, akan ditugaskan dua orang petugas linmas sebagai petugas pengamanan,” ucap Kapolres.

Untuk itu, harap Kapolres, petugas linmas harus memiliki kemampuan kepolisian terbatas dibidang pengamanan. Oleh karena itu, petugas linmas sebelum ditugaskan ke TPS – TPS, harus dibekali dengan kemampuan teknis dan keterampilan perorangan, sehingga mampu mencegah, menangkal, dan meniadakan gangguan kamtibmas yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara di TPS, agar berjalan aman dan kondusif.

“ Jadikanlah apel kesiapsiagaan ini untuk mentautkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan pemilu. Semoga segala tugas dan pengabdian menjadi nilai ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,” tandas Anwar. 

Apel yang dilaksanakan hingga pukul 10.00 Wita itu diikuti Kabag Ops Kompol Andin Wisnu Sudibyo, Kapolsek Sanga-sanga Iptu Muhammada Afnan serta sejumlah personil gabungan dari TNI – Polri, Pemadam Kebakaran, Penyelenggara Pemilu, 80 anggota Linmas dan Organisasi Masyarakat (Ormas). (bay)

Berikan Tanggapanmu