POLRI BANTU : Kapolsek Muara Jawa AKP Agus Arif Wijayanto beserta jajaran saat menyambangi keluarga Ibu Suwarti, seorang pemulung di Kecamatan Muara Jawa. (Photo : Istimewa)

Ketika Polri “ Sasar ” Warga Kurang Mampu di Kutai Kartanegara

TINGGAL di wilayah pesisir yang dikenal dengan hasil sumber daya alam (SDA) tak menjamin bisa hidup sejahtera. Seperti halnya yang dialami Ibu Suwarti, warga Jalan M Hatta, Gang Press, RT 02 Kelurahan Muara Jawa Tengah, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk menafkahi keluarganya, wanita berusia 65 tahun ini harus memulung barang-barang bekas dengan penghasilan yang tidak tetap

Oleh : Bayu/1News

YA begitulah kondisi keluarga Ibu Suwarti. Sejak suaminya bernama Suharno (70) menderita penyakit stroke cukup lama, Ibu Suwarti terpaksa harus turun ke jalan mencari penghasilan untuk menyambung hidup. Yang mana, uang hasil memulung itu digunakan Ibu Suwarti untuk membeli keperluan suami seperti obat-obatan serta kebutuhan sehari-hari kedua anaknya.

Nah, Jumat (8/2/2019) kemarin, Kapolsek Muara Jawa AKP Agus Arif Wijayanto mendapat kabar kondisi keluarga itu. Sehingga, melalui program “ Jumat Berbagi ”, Kapolsek beserta jajaran menyambangi kediaman Ibu Suwarti sekitar pukul 11.00 Wita.

“ Jadi keseharian Ibu Suwarti ini mencari kayu bakar untuk digunakan memasak. Selain itu, ibu ini juga mencari barang-barang bekas (memulung) seperti sisa-sisa plastik dan kardus, kemudian dikumpulkan di rumah untuk dijual. Dari hasil memulung itulah, ibu ini menafkahi suaminya yang sakit serta kedua anaknya,” tutur AKP Arif kepada harian ini.

Tak hanya Ibu Suwarti dan Bapak Suharno beserta kedua anaknya yang tinggal di rumah sederhana itu. Saat berkunjung, Kapolsek juga melihat seorang nenek berusia 90 tahun yang hanya tidur di atas kasur. Ternyata nenek tersebut adalah ibu dari Bapak Suharno. Karena kondisi fisiknya sudah tidak kuat, nenek tersebut tidak bisa beraktifitas seperti biasa.

Dalam kesempatan itu, selain bersilaturahmi, Kapolsek beserta seluruh jajaran Polsek Muara Jawa dan didampingi Ketua RT 02 memberikan bantuan berupa sembako sesuai amanat Kapolri Jendral Pol Prof Tito Karnavian, sekaligus kebijakan Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto dan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui kegiatan rutin setiap hari jumat ini.

“ Alhamdulillah, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga Ibu Suwarti,” pungkas Agus. (*)

Berikan Tanggapanmu