PROGRAM POLRI : Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf saat melakukan program “Jumat Berbagi” ke rumah tiga warga lansia yang tidak mampu, Jumat (8/2/2019) pagi. (Photo : Istimewa)

Ketika Polisi Sambangi Tiga Warga Lansia di Tenggarong Seberang

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Program “ Jumat Berbagi ” menjadi kegiatan rutin yang terus dilaksanakan seluruh Polsek di jajaran Polres Kutai Kartanegara (Kukar). Dimana program tersebut dilakukan untuk menyambangi sekaligus membantu sejumlah masyarakat yang kurang mampu, sesuai dengan amanat Kapolri Jendral Pol Prof Tito Karnavian sekaligus kebijakan dari Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto dan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar.

Nah, Jumat (8/2/2019) pagi tadi, Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf beserta personel kembali melakukan program tersebut dan menyambangi tiga warga lanjut usia (Lansia) yang kurang mampu di sejumlah desa yang ada di Tenggarong Seberang. 

Mereka yakni, Kakek Suwardi (69) warga Desa Manunggal Jaya, Nenek Welas (63) warga Desa Bangun Rejo dan Kakek Wiyono (65) warga Desa Bukit Raya.

“ Semuanya warga tidak mampu di Tenggarong Seberang dan sangat memerlukan bantuan,” ungkap Iptu Rauf kepada harian ini.

Untuk diketahui, Kakek Wiyono merupakan seorang buruh tani dan tinggal sendirian. Bahkan pekerjaan yang dilakoninya tersebut tidak setiap hari ada, sesuai permintaan pemilik lahan yang membutuhkan tenaganya. 

Sama halnya dengan Nenek Welas. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirumah bersama seorang anak yang tidak bekerja, Nenek Welas terpaksa banting tulang di usianya yang sudah rapuh sebagai buruh tani di Kabupaten yang terkenal kaya di Indonesia.

Namun, cetus Rauf, yang lebih menyedihkan adalah Kakek Suwardi. Diusia tuanya, Suwardi hidup sebatangkara dan berjuang hidup dengan bekerja sebagai buruh isi polibek bibit tanaman. Karena penghasilannya yang tak tetap, Suwardi terkadang tidak makan apabila tidak memiliki uang. Bahkan apabila terpaksa, Suwardi harus meminta makanan kepada tetangga untuk mengisi perutnya yang kosong akibat kelaparan.

“ Begitulah kondisinya. Masih banyak warga kurang mampu di Tenggarong Seberang. Mereka sangat layak untuk dibantu melalui program jumat berbagi ini,” terang Kapolsek.

Sekedar diketahui, kegiatan ini dilaksankan sejak pukul 10.30 Wita hingga pukul 11.40 Wita. Saat menyambangi tiga warga lansia, selain bersilaturahmi, Kapolsek juga menyerahkan bantuan berupa sembako. (bay)

Berikan Tanggapanmu