JAGA KEBERSIHAN : Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar bersama seluruh jajaran dan Muspida di Kabupaten Kukar berfoto bersama usai melaksanakan Upacara HPSN sebelum melakukan bersih-bersih sampah di Tenggarong, Kamis (21/2/2019) pagi. (Photo : Istimewa)

Bersih-bersih di Darat dan Sungai Ketika Peringati HPSN di Tenggarong

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Kamis (21/2/2019) pagi tadi, seluruh personel TNI – Polri serta Muspida di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kerja bakti di Kecamatan Tenggarong. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Kerja bakti tersebut dilakukan untuk mengumpulkan sampah-sampah, baik yang ada di daratan maupun di sungai. Hasilnya, sebanyak 680 Kilogram (Kg) sampah berhasil dikumpulkan saat ditimbang.

“ Sampah-sampah itu setelah kita kumpulkan dan ditimbang, selanjutnya akan di proses di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Bekotok,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar kepada harian ini.

Kegiatan ini dilaksanakan usai berlangsungnya Upacara HPSN. Dimana, terang Kapolres, ini sebagai bentuk semangat menciptakan lingkungan yang sehat dan jauh dari penyakit akibat sampah.

“ Dilakukannya kegiatan ini untuk membantu sekaligus mengedukasikan kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan sekitar. Bahkan dalam kegiatan ini juga, seluruh anggota Polri beserta istri ikut dilibatkan. Bukan hanya dilakukan di Tenggarong saja, tapi di seluruh Polsek yang ada di Kecamatan-kecamatan,” terang Anwar.

Bersih-bersih dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti cangkul, sapu lidi dan sekop. Dimana kegiatan itu dilakukan di sejumlah titik, seperti di Pasar Tangga Arung, Jalan Danau Semayang (Terminal Jonggon), Jalan Jendral Sudirman (Creative Park) dan Jalan KH Akhmad Muksin (Jembatan Repo-repo).

“ Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara agar bersama-sama sebelum melaksanakan belajar mengajar, lebih dulu melaksanakan kegiatan bersih-bersih sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Sehingga hal tersebut akan diterapkan kembali oleh para siswa-siswi di lingkungan tempat tinggalnya,” tutur Kapolres.Sekedar diketahui, kegiatan ini di ikuti seluruh personel TNI – Polri bersama Bhayangkari, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, BNBP Kukar, Satpol PP Kukar, Linmas, Senkom Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar dan OPD jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar serta Siswa-siswi SMAN 1 Tenggarong. (bay)

Berikan Tanggapanmu