NORMAL LAGI : Petugas Polsek Loa Janan bersama tim gabungan relawan saat mengatur arus lalu lintas di Jalan Poros Loa Janan – Loa Kulu usai dilakukan pembersihan lumpur, Senin (4/2/2019) malam. (Ist)

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Setelah dilakukan pembersihan oleh tim gabungan Polsek Loa Janan beserta sejumlah relawan dari Loa Janan, Loa Kulu dan Samarinda akibat tertimbun lumpur. Akhirnya, arus lalu lintas di Jalan Poros Loa Janan – Loa Kulu, Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali normal.

Hal tersebut di ungkapkan Kapolsek Loa Janan, AKP M Dahlan Djauhari saat di konfirmasi harian ini, Senin (4/2/2019) malam.

“ Alhamdulillah arus lalu lintas sudah kembali lancar. Tadi saya langsung perintahkan para Kanit beserta jajaran personel untuk langsung turun ke lapangan membantu membersihkan lumpur dan mengantur lalu lintas yang macet bersama relawan serta masyarakat,” terang Djauhari.

Lumpur yang menutupi jalan itu dibersihkan dengan cara disiram dan dicangkul menggunakan sekop. Kemudian lumpur itu di angkut menggunakan kendaraan.

“ Sekarang sudah bisa dilalui kendaraan dan tidak ada kemacetan lagi,” ucapnya, lagi.

Namun imbau Kapolsek, diharapkan kepada pengguna jalan yang ingin melintas di jalur tersebut agar berhati-hati dan tidak mengebut. Mengingat masih dalam kondisi basah dan terdapat sedikit tanah di pinggir jalan.

“ Saya harap pelan-pelan saja ketika melintas disitu (Desa Loa Duri Ulu,Red),” tutur Djauhari.Diberitakan sebelumnya, Senin sore tadi sekitar pukul 16.00 Wita, lumpur menutupi Jalan Poros Loa Janan – Loa Kulu sepanjang 200 meter hingga mengenai sebuah bengkel bubut. Akibatnya, terjadi kemacetan panjang dari kedua arah hingga malam hari. Diduga kuat, tumpukan lumpur yang terjadi pasca hujan deras itu berasal dari bekas galian tambang batubara karungan yang tak jauh dari pemukiman warga. (Bay)

Berikan Tanggapanmu