UNGKAP NARKOBA : Petugas Polairud Polres Kukar saat memperlihatkan sebuah bungkusan plastik bening berisikan 1 Kilogram sabu dari dalam tas berwarna merah muda. Sabu dengan total 12 Kilogram itu diamankan Ditresnarkoba Polda Kaltim di sebuah gudang milik salah seorang warga di Dusun Tanjung Berukang, Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (Ist)

1News.id, KUTAIKARTANEGARA -Sebanyak 12 Kilogram (Kg) Narkoba jenis sabu-sabu diamankan Tim Direktorat Reserse Narkoba (Reskoba) Polda Kalimantan Timur (Kaltim). Narkoba senilai 20 miliar lebih tersebut ditemukan di sebuah gudang di Dusun Tanjung Berukang RT 002, Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi membenarkan penangkapan itu. Dia mengatakan pengungkapan kasus itu terjadi, Selasa (29/1/2019) lalu dan telah diamankan dua pelaku bernama Solikin (33) dan Syamsul alias Syam (37), keduanya warga Anggana.

“ Solikin merupakan pemiliknya, sementara Syam adalah kurirnya. Saat ini kasus tersebut sudah ditangani Ditresnarkoba Polda Kaltim,” kata Dedi kepada awak media, Minggu (3/2/2019) siang.

Kasus ini terungkap berkat informasi masyarakat yang mengatakan bahwa di Desa Sepatin, Anggana terdapat sebuah gudang digunakan sebagai tempat menyimpan narkoba. Dari info tersebut, Tim Opsnal Resnarkoba Polda Kaltim berkoordinasi dengan Polairud Polres Kukar guna melakukan penyelidikan.

Untuk menuju ke lokasi, Tim Polda Kaltim harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam melalui jalur air menggunakan Speed Boat. Setibanya di Desa Sepatin, tepatnya di Dusun Tanjung Berukang RT 002, petugas lalu mengarah ke salah satu rumah yang di informasikan sebagai “Sarang Narkoba”.

Disanalah penangkapan itu terjadi, petugas Polda Kaltim langsung melakukan penggerebekan di rumah milik Solikin sekitar pukul 15.30 Wita. Selain itu, petugas turut mengamankan Syam yang merupakan kurir Solikin.

Usai diamankan, petugas lalu melakukan introgasi. Kepada petugas, Solikin mengaku menyimpan barang haram tersebut di gudang yang ada di dalam rumahnya. Kemudian dilakukan penggeledahan dan ditemukan 12 bungkus plastik bening berisikan masing-masing 1 Kilogram sabu dengan total 12 Kilogram yang dibungkus di dalam dua kantong plastik warna biru serta tas berwarna merah muda.

Selanjutnya, sekitar pukul 18.00 Wita, Solikin dan Syam beserta barang buktinya digiring petugas Polda Kaltim ke Kantor Polair Polres Kukar di Anggana sebelum dibawa ke Polda Kaltim guna penyelidikan lebih lanjut.

Sekedar diketahui, Dusun Tanjung Berukang, Desa Sepatin, Kecamatan Anggana merupakan sebuah pulau tempat bersembunyinya Ali Imron, tersangka teroris kasus bom Bali. Ali Imron ditangkap tim gabungan Mabes Polri dan Polda Kaltim di salah satu tambak udang pada tahun 2003 silam. (Bay)

Berikan Tanggapanmu