SENANG DISAMBANGI : Kakek Asnan, tinggal seorang diri di sebuah pondok yang terbuat dari tenda darurat dan beratapkan terpal. Tampak Kapolsek Kenohan Iptu Muhammad Julaini bersama rombongan menyerahkan bantuan sembako, Jumat (18/1/2019) pagi. (ist)

Ketika Polsek Kenohan Sambangi Kakek 53 Tahun di Desa Kahala

MEMILIKI tempat untuk berteduh di masa tuanya, sangat di syukuri oleh Asnan. Kakek berusia 53 tahun ini hanya tinggal di sebuah pondok berupa tenda darurat beratapkan terpal berwarna biru di RT 07 Desa Kahala, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

(oleh : Bayu1News)

SEHARI-HARINYA, Kakek Asnan harus menyambung hidup dari uluran tangan para tetangga, karena Asnan tidak mempunyai pekerjaan tetap. Bahkan di usianya yang sudah terbilang tua itu, Asnan harus bekerja sebagai waker untuk makan sehari-hari, itupun kalau ada yang memerlukan jasanya. 

Tinggal cukup lama di Kenohan, Asnan hanya hidup seorang diri. Dia tidak memiliki keluarga maupun tempat tinggal. Bahkan, pondok tempatnya berteduh dari panas dan hujan itu, didirikannya di atas tanah milik warga yang tinggal berselelahan dengannya.

Nah, Jumat (19/1/2019) pagi tadi, Asnan tampak bahagia. Dia tidak menyangka bakal kedatangan tamu yang sama sekali tidak di sangka-sangka.  Benar, sekitar pukul 09.00 wita, Kapolsek Kenohan Iptu Muhammad Julaini datang bersama rombongan. Karuan saja, Asnan yang awalnya sangat kesepian, langsung merasa senang.

“ Mimpi apa saya ini kedatangan Bapak Kapolsek. Silahkan masuk pak, maaf berantakan,” ucap Asnan.

Ketika itu, Kapolsek mengatakan hanya ingin bersilaturahmi sekaligus menyampaikan amanat Bapak Kapolda Kaltim dan Kapolres Kukar dalam program “ Jumat Berbagi ”.

“ Maksud kedatangan kami ingin menyerahkan bantuan sembako ini pak. Semoga dengan bantuan ini bapak bisa terbantu. Jangan dilihat dari nilainya ya pak, tapi semoga bermanfaat buat bapak,” kata Iptu Julaini.

Tentu saja, bantuan yang diberikan langsung membuat Asnan terharu. Tak henti-hentinya Asnan mengucapkan rasa terima kasih kepada Kapolsek dan jajaran.

“ Semoga bapak Kapolsek dan seluruh Polri selalu sukses dan jaya, serta selalu menjadi kepercayaan dan kebanggaan masyarakat,” ucap Asnan mendoakan.Usai menyerahkan bantuan, Kapolsek yang didampingi Wakapolsek Iptu Aha Badulu dan Kanit Binmas Iptu Budiyono berpamitan. Namun sebelumnya meninggalkan pondok dengan luas sekitar 2×3 meter tersebut, Kapolsek juga menyampaikan beberapa pesan kamtibmas.

“ Saya katakan ke Pak Asnan kalau polisi itu selalu ada di tengah-tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom, pengaman dan pelayan masyarakat, bukan sebaliknya. Jangan artikan kehadiran polisi itu sebagai penghambat kegiatan masyarakat,” tegas Kapolsek kepada harian ini.(*)

Berikan Tanggapanmu